logo


Meski Bersitegang, Uni Eropa dan AS Perlu Jalin Kerja Sama dengan China

Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman dan Sekretaris Jenderal Layanan Tindakan Eksternal Uni Eropa Stefano Sannino menekankan bahwa Uni Eropa dan AS perlu menjalin kerja sama dengan China di sektor-sektor yang memungkinkan

3 Desember 2021 19:15 WIB

AS-China
AS-China istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Pejabat senior AS dan Uni Eropa menekankan perlunya menjalin kerja sama dengan China jika memungkinkan dan mengelola persaingan dengan cara yang bertanggung jawab. Hal tersebut disampaikan melalui pernyataan bersama yang dirilis oleh Departemen Luar Negeri AS dan Lembaga Tindakan Eksternal Uni Eropa.

“Mereka menegaskan kembali bahwa hubungan Amerika Serikat dan UE dengan China memiliki banyak segi dan menekankan pentingnya Amerika Serikat dan UE untuk mempertahankan kontak dekat yang berkesinambungan pada pendekatan kami masing-masing saat kami berinvestasi dan menumbuhkan ekonomi kami, bekerja sama dengan China jika memungkinkan, dan mengelola persaingan dan persaingan sistemik kami dengan China secara bertanggung jawab," kata pernyataan itu pada hari Kamis (2/12), dikutip Sputniknews.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah pertemuan KTT Dialog AS-UE tentang China kedua yang diadakan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman dan Sekretaris Jenderal Layanan Tindakan Eksternal Uni Eropa Stefano Sannino.


AS Khawatir Varian Omicron Hambat Pemulihan Ekonominya

Sherman dan Sannino berbicara tentang pelanggaran hak asasi manusia di Tiongkok dan menyatakan minat mereka untuk melanjutkan kerja sama terkait hal tersebut.

"Memperhatikan efek berbahaya dari disinformasi pada masyarakat demokratis, mereka menyatakan kesiapan mereka untuk memperdalam pembagian informasi AS-UE tentang disinformasi yang disponsori atau didukung oleh China," tambahnya.

Kedua pejabat senior itu juga menekankan pentingnya diversifikasi dan peningkatan rantai pasokan, dan mengatasi paksaan ekonomi.

Berkunjung ke Korsel, Menhan AS Kecam Pengembangan Senjata Hipersonik China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia