logo


Waspada Ancaman Omicron, Jokowi: Yang Bawa Bisa Orang-orang Asing, Bule-bule

Jokowi menyebut virus Covid-19 varian baru itu sudah sampai di Singapura.

3 Desember 2021 13:33 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo meminta untuk hati-hati dengan ancaman gelombang empat varian Omicron. Jokowi menyebut virus Covid-19 varian baru itu sudah sampai di Singapura.

"Hati-hati yang namanya sekarang ancaman gelombang keempat varian Omicron. Hati-hati. Tadi pagi saya dapat kabar sudah sampai ke Singapura. Utamanya polda-polda yang berjaga-jaga dengan perbatasan negara-negara lain. Karena yang membawa bisa orang-orang asing, bule-bule. Tapi juga bisa WNI kita sendiri. Utamanya tenaga kerja kita dari luar waktu masuk kembali pulkam. Hati-hati," ujar Jokowi saat menyampaikan arahan kepada Kasatwil yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (3/12).

Jokowi mengatakan varian Omicron bisa menular lebih cepat dari varian Delta. Jokowi menyebut varian itu bisa masuk ke sela-sela antibodi.


Heran Mural Dihapus, Jokowi: Ada Mural Aja Takut. Ngapain?

"Penularannya ini karena semua masih dalam proses studi, lebih menular dari varian Delta. Ingat varian Delta itu menyebar di Indonesia dalam waktu 2-3 minggu semua langsung kena. Ini lebih cepat. Meski pun belum final tapi perkiraan 5 kali lipat lebih cepat. Dan kemungkinan besar juga bisa escape immunity. Artinya dia bisa masuk ke sela-sela antibodi kita yang sudah imun dia bisa menerobos," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa kasus Covid-19 bisa berdampak ke semua sektor.

"Hati-hati ini. Karena efeknya ke mana-mana. Ke ekonomi seperti tadi yg saya sampaikan. Hati-hati. Kalau kesehatan sampaikan terus kepada masyarakat. Karena yang namanya pandemi ini bisa berefek ke beberapa negara itu ke ekonomi jatuh. Ekonomi jatuh itu bisa berimbas ke pada politik, hati-hati. Hati-hati," ujar Jokowi.

Sentil Kapolda-Kapolres Sowan ke Sesepuh Ormas Pembuat Gaduh, Jokowi: Jangan Menggadaikan Kewibawaan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata