logo


Siap Nyapres di 2024, Ridwan Kamil: Tahun Depan Saya Masuk Parpol

Emil menyadari ada tiga persyaratan yang perlu dipenuhi untuk bertarung di level nasional.

3 Desember 2021 07:30 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan bahwa dirinya siap diusung dalam Pemilihan Presiden 2024. Oleh karena itu, ia akan memenuhi salah satu syarat yakni dengan bergabung dengan partai politik.

"Kalau ada partai, yang merasa butuh tokoh yang elektabilitasnya lumayan, mungkin sosok saya akan dihitung ya, saya bismillah. Makanya saya sudah putuskan tahun depan saya akan masuk parpol," kata Emil dalam acara Fisipol Leadership Forum: Road to 2024 yang diselenggarakan UGM, di Sleman, Kamis (2/12/2021).

Emil sapaan akrabnya menyadari ada tiga persyaratan yang perlu dipenuhi untuk bertarung di level nasional.


Gubernur Ridwan Kamil Imbau Warganya Tak Ikut Reuni Akbar 212

"Satu elektabilitas dan kesukaan, dua ada logistik, mahal kan, triliunan untuk jadi presiden. Saya dengar tuh Rp8 triliun, duit dari mana Rp8 triliun, aduh. Yang ketiga, adalah partai yang mengusung, karena sistem demokrasinya seperti itu," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa elektabilitas dan pengalamannya pemimpin daerah selama 10 tahun menjadi modal awal untuk bertarung di Pemilu mendatang.

"Nah jadi kalau ternyata kalau nomer satunya (elektabilitas dan kesukaan) baik, tiba-tiba saya diberi (syarat) nomor tiga, diusung partai untuk kepemimpinan nasional, ya saya tidak akan menolak. Kira-kira begitu," ujar Emil.

Meski demikian, ia belum memutuskan akan bergabung ke partai mana. Ia hanya menegaskan akan bergabung ke partai yang berlandaskan Pancasila dan bisa merangkul golongan kanan dan kiri

"Jadi kalau ternyata tidak ada partai yang mengusung, yang paling realistis dalam menu politik saya adalah melanjutkan gubernur jilid dua," pungkasnya.

Ridwan Kamil Minta Pemda Dilibatkan dalam Penentuan Besaran UMK

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati