logo


Kritik Penetapan UMP, JK: NU Jangan Zikir Luar Biasa Tapi Bicara UMKM Sepi!

JK meminta agar PKB dan NU mendorong kadernya untuk memikirkan ekonomi rakyat

2 Desember 2021 20:30 WIB

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden RI ke-12 Jusuf Kalla (JK) mengkritik Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang mengeluarkan kebijakan upah minimum provinsi (UMP). Ia menyebut UMP saat ini dibawah inflasi yang membuat daya beli masyarakat turun.

"Sekarang upah minimum lagi dikritik yang kena itu menteri (asal) PKB kan, tenaga kerja," kata Jusuf Kalla dalam Halaqoh Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), Kamis (2/12).

JK lantas menyentil PKB yang merupakan partai asal Menaker Ida Fauziyah. Menurutnya, PKB seharusnya mendorong Ida Fauziyah agar bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.


Tuntutan Buruh soal UMP Tak Dipenuhi, Musni Umar Sebut Anies Terhalang Pemerintah Pusat

"Bagaimana memberikan potensi-potensi nasional atau pribumi untuk maju lagi. Bagaimana menteri-menteri di PKB yang ada di kabinet mendukung itu," ujarnya.

Lebih lanjut, ia meminta agar PKB dan NU mendorong kadernya untuk memikirkan ekonomi rakyat, tidak hanya membicarakan terkait agama saja.

"NU harus dapat mengubah suatu keadaan, jangan kalo zikir luar biasa, tapi kalo bicara katakanlah UMKM itu sepi. Jadi bagaimana PKB mendorong itu atau NU mendorong itu bicara soal UMKM," ucapnya.

Anies Diminta Tak Jadi Gubernur 'Bencong', PKS Beri Tanggapan Ini

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati