logo


Pakar Kesehatan Perancis Bilang Omicron Bisa Jadi Varian Dominan di Negaranya

Seorang penasihat kesehatan pemerintah Perancis menyakini varian baru Covid-19, Omicron, bisa menjadi varian dominan di Perancis pada Januari 2022 mendatang

2 Desember 2021 19:45 WIB

Ilustrasi varian baru Covid-19 Omicron
Ilustrasi varian baru Covid-19 Omicron istimewa

PARIS, JITUNEWS.COM - Pakar kesehatan sekaligus penasihat pemerintah Perancis, Jean-Francois Delfraissy, mengatakan bahwa varian baru Covid-19, Omicron, dapat menjadi varian COVID-19 yang dominan di negara tersebut pada akhir Januari mendatang. Pernyataan tersebut ia lontarkan setelah Perancis melaporkan kasus pertama mereka.

Kasus pertama tersebut adalah seorang penumpang yang datang dari Nigeria yang kini berada di wilayah Paris.

Delfraissy mengatakan kepada televisi Perancis, BFM, bahwa "musuh sejati" untuk saat ini masih varian Delta, yang terus menyebar dan menyebabkan gelombang kelima Covid-19 di Perancis.


Rusia Bilang Potensi Konflik di Perbatasan Ukraina Masih Tinggi

"Kita akan melihat peningkatan progresif varian Omicron, yang akan mengambil alih Delta, kemungkinan pada akhir Januari," katanya, dikutip Reuters.

"Natal tidak berisiko jika penduduk dan pembuat keputusan semuanya sangat berhati-hati," katanya, mengulangi bahwa jarak sosial dan suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 adalah kunci untuk memutus rantai penularan.

Untuk sementara itu, masih banyak yang belum diketahui tentang varian Omicron, yang pertama kali ditemukan pada 8 November di Afrika Selatan dan telah menyebar ke setidaknya dua lusin negara, tepat ketika beberapa bagian Eropa mengalami lonjakan kasus infeksi varian Delta.

Kemunculan varian Omicron tersebut juga membuat negara-negara di seluruh dunia memperketat aturan pembatasan perjalanan internasional.

Israel Minta Negosiasi Pemulihan Perjanjian Nuklir Iran Dihentikan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia