logo


Donald Trump Sebut China Bakal Invasi Taiwan setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing

Mantan Presiden AS mengatakan bahwa Amerika Serikat kini sudah tidak dihormati oleh China. Terbukti dengan perubahan sikap yang ditunjukkan oleh Beijing terhadap Taipei

2 Desember 2021 18:00 WIB

Donald Trump
Donald Trump bbc

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Mantan Presiden AS Donald Trump mengklaim bahwa China akan melancarkan agresi militer ke Taiwan pada tahun 2022 mendatang, setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing selesai digelar.

Dalam sebuah wawancara, Presiden AS ke-45 tersebut berpendapat bahwa Amerika Serikat tidak lagi dihormati sejak ia keluar dari Gedung Putih dan digantikan oleh Joe Biden. Hal itu, lanjutnya, dibuktikan dengan perubahan perilaku Beijing terhadap Taipei.

“Saya pikir itu pada titik terendah yang pernah ada,” kata Trump, menambahkan, “Saya tidak berpikir itu pernah berada dalam posisi seperti ini. Kami tidak dihormati lagi.”


Diplomat AS yang Sudah Lebih dari Tiga Tahun di Rusia Diminta Segera Angkat Kaki

“Saya akan memberi tahu Anda, tidak ada pesawat (China) yang terbang di atas Taiwan – dan namanya bahkan tidak disebutkan,” tambah Trump.

“Anda tidak berbicara tentang Taiwan ketika saya menjadi presiden – itu tidak akan terjadi. Terjadi apa yang mereka lakukan sekarang,” lanjutnya.

Selama masa pemerintahan Donald Trump, tercatat dua kali pesawat militer China masuk ke wilayah udara Taiwan, yakni pada September 2020.

“[China] menunggu sampai setelah Olimpiade saya berasumsi, dan mungkin sesuatu akan terjadi,” kata Trump. sebelum menambahkan bahwa “tidak baik jika Anda [di Taiwan jika China menyerang], dan Anda memiliki pesawat pengebom yang terbang di atas negara Anda terus-menerus. ... yang konstan.”

Pernyataan Mantan PM Jepang soal Taiwan Bikin China Meradang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia