logo


Pernyataan Mantan PM Jepang soal Taiwan Bikin China Meradang

Kementerian Luar Negeri China mengecam pernyataan yang dilontarkan oleh mantan PM Jepang Shinzo Abe terkait Taiwan.

2 Desember 2021 17:30 WIB

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Tempo.co

BEIJING, JITUNEWS.COM - Kementerian luar negeri China pada Rabu malam (1/12) dikabarkan mengadakan "pertemuan darurat" dengan duta besar Jepang untuk Beijing, Shui Hideo, pernyataan yang dilontarkan oleh mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang mengatakan bahwa Jepang maupun Amerika Serikat tidak akan tinggal diam jika Taiwan diserang oleh China.

Shinzo Abe, yang mengundurkan diri sebagai perdana menteri Jepang tahun lalu, mengatakan di sebuah forum virtual yang diselenggarakan oleh lembaga think-tank Taiwan bahwa invasi bersenjata China ke Taiwan juga akan menjadi ancaman bagi keamanan Jepang.

Komentar tersebut mendorong asisten menteri luar negeri China, Hua Chunying, mengeluarkan teguran dan kecaman atas pernyataan tersebut. Menurut sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri China, Hua menyarankan bahwa pernyataan Abe "secara terbuka menantang kedaulatan China dan memberikan dukungan yang berani kepada pasukan kemerdekaan Taiwan," dan menambahkan bahwa komentar itu "salah".


Arab Saudi Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron

Beijing juga meyakini bahwa Tokyo telah melanggar norma-norma hubungan diplomatik mereka.

"China dengan tegas menentang ini," kata Hua Chunying, dikutip Sputniknews.

Meski bukan lagi perdana menteri Jepang, namun Abe masih memiliki pengaruh yang besar di Partai Demokrat Liberal yang kini tengah menguasai pemerintahan Jepang.

 

Diplomat AS yang Sudah Lebih dari Tiga Tahun di Rusia Diminta Segera Angkat Kaki

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia