logo


Ukraina Desak NATO Jatuhkan Sanksi Ekonomi bagi Rusia

Menteri Luar Negeri Ukraina mengatakan bahwa sanksi tersebut perlu dijatuhkan untuk mencegah Rusia melakukan agresi militer terhadap Ukraina

2 Desember 2021 15:15 WIB

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba
Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Kuleba istimewa

KIEV, JITUNEWS.COM - Ukraina pada Rabu (1/12) mendesak negara-negara anggota NATO untuk segera mempersiapkan sanksi ekonomi terhadap Rusia sebagai bentuk pencegahan kemungkinan invasi oleh puluhan ribu tentara Rusia yang terkonsentrasi di dekat wilayah perbatasannya.

Permintaan tersebut akan disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba dalam pertemuan para menteri luar negeri NATO di Latvia, yang digelar untuk membahas bagaimana menanggapi pembangunan Rusia dan mencegah potensi krisis paling berbahaya dalam hubungan dengan Moskow sejak Perang Dingin.

"Kami akan meminta sekutu untuk bergabung dengan Ukraina dalam menyusun paket pencegahan," kata Kuleba kepada wartawan saat ia tiba untuk pembicaraan di Riga, dilansir dari Al Arabiya.


Petinggi Militer AS Akui Pembentukan Aliansi AUKUS Adalah untuk Melawan China

Paket pencegahan ini nantinya juga termasuk mempersiapkan sanksi ekonomi terhadap Rusia, jika Moskow "memutuskan untuk memilih skenario terburuk". Kuleba juga menambahkan bahwa NATO juga harus meningkatkan kerja sama militer dan pertahanan dengan Ukraina.

Untuk saat ini, Ukraina memang belum menjadi anggota NATO. Namun, aliansi yang dipimpin AS tersebut mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjaga kedaulatan bekas republik Soviet, yang telah condong ke Barat sejak 2014 dan bercita-cita untuk bergabung dengan NATO dan Uni Eropa.

Ukraina Disebut Mulai Kerahkan Pasukan Militer ke Zona Konflik di Donbass

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia