logo


Makanan Ini Dapat Apresiasi dari Keraton Surakarta

Cerita akulturasi budaya etnis Tionghoa dan Indonesia melalui makanan ini sangat kental dengan adanya kembang tahu

2 Desember 2021 10:29 WIB

Silken Tahoo mendapatkan perhatian yang khusus dari pihak Keraton Surakarta
Silken Tahoo mendapatkan perhatian yang khusus dari pihak Keraton Surakarta ist

SOLO, JITUNEWS.COM - CV Sinarfood Healthindo produsen produk Pioner Kembang Tahu Instan Indonesia Silken Tahoo Rabu kemarin (1/12) resmi diperkenalkan kepada Keraton Surakarta melalui Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Koes Moertiyah Wandansari, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Dr Eddy Wirabhumi dan putrinya Bendoro Raden Ajeng Sedhah Mirah.

Pada kesempatan di Diamond Resto, Slamet Riyadi, Solo, Silken Tahoo mendapatkan perhatian yang khusus dari pihak Keraton Surakarta setelah hari sebelumnya booth Silken Tahoo dikunjungi oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Koes Moertiyah Wandansari yang akrab disapa Gusti Moeng. Gusti Moeng terkesima dari ide bisnis, produk, proses penyajian, rasa, cerita di balik ide bisnis kuliner ini, hingga inovasi Silken Tahoo yang dibuat sehingga memenuhi undangan CV Sinarfood Healthindo.

Meskipun usia peluncuran produk pioner kembang tahu instan Silken Tahoo ini belum genap 1 tahun dipasaran. Namun respon masyarakat akan kehadiran Silken Tahoo ini sudah dapat dirasakan masyarakat luas di Indonesia dengan pendistribusian digital yang sudah dilakukan hingga saat ini.


Makan Keroyokan ala 'Bancakan' Lagi Hits, Hotel Sahid Jaya Solo Tak Mau Ketinggalan

Cerita akulturasi budaya etnis Tionghoa dan Indonesia melalui makanan ini sangat kental dengan adanya kembang tahu yang sudah diterima di masyarakat juga manjadi perhatian Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Koes Moertiyah Wandansari dan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Dr Eddy Wirabhumi.

KMAYT Puspowening beserta KRMRP Mustafa SastroHadikusumo
dari Keraton Surakarta yang hadir dan juga menikmati Silken Tahoo dengan penyajian yang hangatnya melekatkan rasa.

Direktur Marketing CV. Sinarfood Healthindo, Fasichah Tia Nur yang akrab disapa Iva menyampaikan, produk Silken Tahoo sejak awal diluncurkan Februari 2021 sudah mendapat respon positif oleh konsumen dan reseller online shop yang mendistribusikan produk ini melalui cara penjualan online. Diharapkan dengan adanya produk inovasi ini bisa meningkatkan perekonomian Indonesia dengan adanya program kemitraan WiraSFH.

Dalam kesempatan itu, Sinarfood Healthindo juga memberikan pengalaman yang unik untuk menyajikan Silken Tahoo dengan topping dari paket penjualan hampers sarang burung wallet di hadapan perwakilan Kraton Surakarta.

"Sajian Silken Tahoo sungguh inovatif sekali, kembang tahu ini bisa disajikan secara cepat dan dinikmati kapan saja. Saya yakin Silken Tahoo bisa diterima masyarakat Indonesia, karena bisa dibeli di marketplace. Bagus ini bisa bikin konsep bisnis untuk umkm atau usaha rumahan yang memberdayakan perempuan," ucap Gusti Moeng

Inovasi yang dilakukan Sinarfood Healthindo untuk mempertahankan kebudayaan dan melestarikan kearifan lokal tidak hanya melalui produk Silken Tahoo saja. Namun Sinarfood Healthindo juga berkesempatan menyajikan produk yang terinspirasi oleh suasana khas Jawa dari rempah-rempah lokal yang tentunya juga digunakan pihak Kraton secara turun-temurun sebagai minuman berkhasiat.

"Rempah Kedaton" yang direncanakan akan diluncurkan sebagai minuman seduh rempah yang terdiri dari ramuan racikan kunyit, teh hijau, temulawak, cengkeh, jahe, dan bahan rempah lainnya juga turut disajikan untuk melengkapi perjumpaan kami dengan pihak Kraton Surakarta.

Iva yang juga mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kraton Surakarta untuk dapat berpartisipasi sebagai peserta pameran produk lokal dalam kegiatan kebudayaan yang bertajuk "Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif 90th PAKASA" yang diselenggarakan di Pagelaran Sasanasumewo Kraton Surakarta, yang diselenggarakan sejak Selasa, 30 November hingga 5 Desember 2021.

"Saya berharap dengan kesempatan yang diberikan Kraton Surakarta kepada kami, dapat membuat masyarakat Solo lebih mengenal produk-produk inovasi dari Sinarfood Healthindo. Kami juga menyediakan sampling produk yang dapat dicoba oleh masyarakat supaya bisa mengenal rasa hangat yang akan melekatkan rasa," pungkas Ibu Iva.

Hadir di Solo, Bella Pasta Sajikan Rasa Pasta Italia Mewah ala Kaki Lima

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan