logo


Isu Ukraina Memanas, Menlu AS dan Rusia Bakal Gelar Pertemuan

Menteri Luar Negeri AS dan Rusia dikabarkan akan menggelar pertemuan di sela-sela KTT OSCE pada Kamis (2/12)

1 Desember 2021 21:45 WIB

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dikabarkan akan segera mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di sela-sela KTT Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama Eropa (OSCE) yang digelar di Stockholm, Swedia pada Kamis (2/12). Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters.

Pertemuan itu terjadi ditengah meningkatnya ketegangan antara NATO dan Rusia karena peningkatan aktivitas militer Rusia di dekat perbatasan Ukraina.

Sebelum pertemuannya dengan Lavrov, Blinken akan mengadakan pertemuan terpisah dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di sela-sela KTT tersebut.


Presiden Belarusia Akan Selesaikan Krisis Imigran di Perbatasan Polandia sebelum Tahun Baru

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (30/11) dengan tegas memperingatkan NATO agar tidak mengerahkan pasukan dan senjatanya ke Ukraina, dengan mengatakan itu akan akan memicu tanggapan yang kuat dari Rusia.

Putin mengatakan bahwa ekspansi NATO ke Eropa timur telah mengancam kepentingan keamanan nasional Rusia. Dia menyatakan keprihatinan bahwa NATO pada akhirnya dapat menggunakan wilayah Ukraina sebagai landasan rudal mereka yang mampu mencapai Moskow hanya dalam waktu lima menit.

“Munculnya ancaman semacam itu merupakan ‘garis merah’ bagi kami,” kata Putin.

Untuk mengantisipasi hal itu, Putin menambahkan bahwa pihaknya sudah mengembangkan sebuah rudal hipersonik yang mampu melesat hingga 9 kali kecepatan suara.

Hubungan Bilateral Memburuk, Semua Diplomat Rusia di AS Terancam Diusir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia