logo


Covid Omicron Lebih Berbahaya daripada Delta, Pakar Kesehatan: Terlalu Dini untuk Mengatakannya

Pakar kesehatan AS mengatakan bahwa masih sangat sulit untuk mengetahui apakah varian Omicron akan menyebabkan penyakit parah atau tidak

1 Desember 2021 16:00 WIB

Dr. Anthony Fauci
Dr. Anthony Fauci istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pakar penyakit menular Amerika Serikat, Anthony Fauci, pada Selasa (30/11), mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk mengetahui apakah varian baru COVID-19, Omicron, akan menyebabkan gejala penyakit yang lebih parah daripada varian Delta. Pasalnya, informasi awal dari Afrika Selatan menunjukkan jika Omicron tidak mengakibatkan gejala yang luar biasa.

Fauci mengatakan bahwa sejauh ini sudah ada 226 kasus infeksi Omicron yang dikonfirmasi di 20 negara tetapi varian baru Covid-19 tersebut belum terdeteksi di Amerika Serikat.

Sebagaimana diketahui, kemunculan varian tersebut telah mengguncang pasar keuangan dan memicu kekhawatiran tentang kekuatan pemulihan ekonomi global ketika dunia terus berjuang melawan pandemi virus corona.


Presiden Belarusia Tegas Bakal Bantu Rusia Hadapi Ancaman Agresi Militer Ukraina

"Sangat sulit untuk mengetahui apakah varian khusus ini (Omicron) akan menyebabkan penyakit parah atau tidak," kata Fauci kepada wartawan dalam sebuah pengarahan.

"Meskipun beberapa informasi awal dari Afrika Selatan menunjukkan tidak ada gejala yang tidak biasa ... kami tidak tahu, dan terlalu dini untuk mengatakannya," tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Amerika Serikat terus mendorong warga Amerika untuk mendapatkan suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 untuk memperkuat kekebalan terhadap infeksi penyakit tersebut. Akan tetapi, tidak sedikit warga yang masih ragu apakah vaksin efektif menjinakkan penyebaran virus. Sejauh ini, sekitar 69 persen orang Amerika berusia 12 tahun ke atas telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 atau divaksinasi lengkap.

"Kami berharap, dan saya pikir dengan alasan yang bagus, untuk merasa senang bahwa akan ada beberapa tingkat perlindungan (terhadap varian Covid-19)," kata Fauci.

 

Presiden China Janji Sediakan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 untuk Afrika

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia