logo


Presiden China Janji Sediakan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 untuk Afrika

Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa China akan menyediakan 1 miliar dosis vaksin dan meningkatkan kerja sama perekonomian dengan negara-negara Afrika

1 Desember 2021 15:30 WIB

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Presiden China Xi Jinping berjanji akan mengirimkan 1 miliar dosis vaksin Covid-19 ke negara-negara Afrika. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah forum China-Afrika.

China sendiri sejauh ini sudah menyuplai hampir 200 juta dosis vaksin Covid-19 ke Afrika, untuk membantu wilayah tersebut meningkatkan program vaksinasi ditengah penyebaran varian baru Omicron, yang terdeteksi pertama kali di Afrika Selatan.

Xi menjelaskan bahwa dari 1 miliar dosis, 600 juta diantaranya akan didonasikan dan 400 juta dosis lainnya akan disediakan melalui cara lain, yakni dengan kerja sama antara perusahaan farmasi China dengan negara-negara Afrika. Ia menambahkan bahwa China juga akan membangun 10 proyek kesehatan dan mengirimkan 1.500 pakar kesehatan di Afrika.


Rusia Pede Vaksin Buatannya Efektif Cegah Infeksi Varian Omicron

Pada kesempatan tersebut, Xi Jinping juga akan terus mendorong perusahaan-perusahaan China untuk menanamkan investasi setidaknya senilai USD 10 Miliar di benua tersebut dalam waktu tiga tahun ke depan.

"China akan memberikan US$10 miliar pembiayaan perdagangan untuk mendukung ekspor Afrika, menciptakan zona untuk perdagangan dan kerja sama ekonomi dan membangun kawasan industri China-Afrika," kata Presiden China tersebut dikutip Channel News Asia.

Menanggapi pernyataan tersebut, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, yang juga berbicara melalui tautan video, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada China atas dukungannya. Ramaphosa juga mengatakan bahwa perekonomian Afrika harus dapat memproduksi vaksin COVID-19.

 

Presiden Belarusia Tegas Bakal Bantu Rusia Hadapi Ancaman Agresi Militer Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia