logo


Jumlah Petani Diakui Jokowi Makin Berkurang, Bupati Gowa Ungkap Banyak Pemuda Tak Hobi Bertani

Presiden Jokowi mendorong minat anak muda untuk bergelut di bidang pertanian demi kelangsungan pangan di masa depan.

1 Desember 2021 10:35 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Jumlah petani di Indonesia semakin berkurang setiap tahun lantaran kurangnya minat generasi muda untuk bergelut di bidang pertanian. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, mencatat, jumlah petani muda berusia 20–39 tahun hanya delapan persen atau sekitar 2,7 juta dari 33,4 juta petani di Indonesia. Selain itu, terdapat penurunan jumlah petani sekitar 400 ribu sejak tahun 2017–2018.

Demi kelangsungan pangan di masa depan, Presiden Jokowi berharap anak muda saat ini memiliki minat untuk bekerja di sektor pertanian.


Panitia Ngotot Gelar Reuni 212 Meski Tak Ada Izin, HMI Duga Ada Agenda Politik Gantikan Jokowi

“Jumlah petani semakin berkurang dan yang sekarang bertani sudah banyak yang berlanjut usia. Mereka berharap, para petani muda bersemangat untuk ikut bergerak dalam sektor pertanian,” ujarnya di akun Instagram @jokowi, dilihat Rabu (1/12).

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta sempat mengeluhkan banyaknya anak muda di wilayahnya yang tak tertarik untuk terjun di dunia pertanian.

Hal itu diungkapkan Adnan saat menghadiri pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Tani HKTI Kabupaten Gowa di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Kabupaten Gowa.

“60 persen warga Gowa adalah bergerak di bidang petani. Yang jadi masalah, banyak pemuda saat ini tidak memiliki hobi untuk bertani,” ujarnya.

Desak Jokowi Pecat Sri Mulyani, MPR Kecewa: Anggaran Turun Terus

Halaman: 
Penulis : Iskandar