logo


Delegasi Negara-negara Eropa Berkunjung ke Taiwan, China Kembali Meradang

Juru bicara Kemenlu China mendesak negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Beijing untuk tidak melakukan kontak dengan Taiwan

29 November 2021 21:35 WIB

Bendera China dan Taiwan
Bendera China dan Taiwan RT.com

BEIJING, JITUNEWS.COM - Sebuah delegasi yang terdiri dari sejumlah pejabat pemerintah negara-negara Eropa, diantara Estonia, Latvia dan Lithuania dikabarkan telah tiba di Taipei pada Senin (29/11) dan menggelar pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joshep Wu mengatakan jika kunjungan tersebut mereka lakukan untuk mengikuti Forum Parlemen Terbuka yang juga dihadiri oleh belasan pejabat Eropa dan Amerika Latin, yang dijadwalkan pada tanggal 2 dan 3 Desember mendatang.

Menanggapi hal itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengatakan jika Beijing sangat menentang semua bentuk kontak formal antara Taiwan dan negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Beijing.


Bisakah Test PCR Deteksi Varian Covid-19 Omicron? Begini Kata WHO

"China sangat menentang setiap kontak resmi dan politik antara Taipei dan negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Beijing. Posisi ini selalu jelas dan konsisten," kata Wang pada sebuah konferensi pers harian, dikutip Sputniknews.

Ia menambahkan bahwa pemerintah China meminta semua negara terkait untuk berhati-hati dalam bertindak ataupun menyampaikan pernyataan mereka, dan berhenti mengirim sinyal menyesatkan kepada pasukan yang berupaya memerdekakan Taiwan.

Sebelumya, hubungan China-Lithuania memburuk tahun ini setelah pemerintah Lithuania mengizinkan Taiwan untuk membuka kantor perwakilan di negara tersebut. Pada tanggal 10 Agustus, Cina menarik duta besarnya dari Vilnius, yang ditanggapi oleh Lithuania pada tanggal 4 September.

Seberapa Efektif Aturan Larangan Perjalanan Internasional Cegah Varian Omicron? Begini Kata Pakar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia