logo


Wow, Anies Bakal Bangun 5 Lapangan Bola Standar FIFA di Perkampungan Jakarta

Anies berharap perkampungan Jakarta bisa menerbitkan pemain sepakbola kelas dunia.

29 November 2021 05:00 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal membangun 5 lapangan sepakbola standar FIFA di tengah perkampungan Jakarta. Warga nantinya bisa bebas menggunakan lapangan bola tersebut.

Dari kelima lapangan, Anies baru meresmikan lapangan di Muara Angke, Jakarta Utara.

“Dimulai dari satu di setiap wilayah kota. Kini telah berdiri lima lapangan standard FIFA, masing-masing satu di tiap wilayah Kota Jakarta,” ujarnya lewat akun Instagram, @aniesbaswedan, dikutip Senin (29/11).


Sindir Anies, Eko Kuntadhi: Nama Jokowi Diseret untuk Tutupi Kebobrokan Formula E

“Kemarin, bersama teman-teman Muara Angke Soccer School, Perkumpulan Sepakbola Amputasi dan Tim Sepakbola Putri DKI, kita resmikan lapangan pertama mulai dari Muara Angke,” sambungnya.

Anies mengaku beberapa kali mengamati lapangan sepakbola berkualitas internasional. Sayangnya, hampir semua dipunyai oleh sekolah ternama maupun dibangun secara komersil.

Di sisi lain, masih banyak anak Jakarta yang tidak bisa mengikuti latihan sepakbola di klub karena terhalang mahalnya biaya.

“Maka dimulailah inisiatif ini: langsung menugaskan tim di Pemprov DKI untuk segera membangun lapangan kelas dunia di tengah perkampungan di Jakarta,” terang Anies.

Mantan Mendikbud ini lantas memastikan kelima lapangan berstandar internasional yang dibangun bisa digunakan secara gratis bagi seluruh warga DKI.

“Dipesankan secara amat tegas, bahkan dituliskan di sekeliling lapangan bahwa lapangan ini tidak untuk dikomersialkan. Jangan sampai fasilitas ini jadi lapangan berbayar,” kata Anies.

“Mengapa? Agar yang tak bisa bayar tetap bisa bermain. Biarkan klub-klub di perkampungan punya kesetaraan kesempatan untuk tumbuh, berkembang dan berprestasi,” jelasnya.

Anies berharap perkampungan Jakarta bisa melahirkan bibit-bibit pemain sepakbola kelas dunia.

Politikus Gerindra: Apakah Formula E Bagian dari Kebutuhan Masyarakat DKI Jakarta?

Halaman: 
Penulis : Iskandar