logo


Muncul Varian Covid-19 Omicron, PDIP Minta Gerak Cepat Agar Tak Kecolongan

Varian Omicron ini muncul di beberapa negara di Afrika Selatan.

27 November 2021 15:15 WIB

Charles Honoris
Charles Honoris Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Muncul varian baru virus Corona yaitu B.1.1.529 atau varian Omicron. Varian Omicron ini muncul di beberapa negara di Afrika Selatan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Chalres Honoris, meminta pemerintah untuk bergerak cepat agar varian baru itu tidak masuk ke Indonesia.

"Intinya harus gerak cepat. Jangan terlambat dan kecolongan," kata Charles kepada wartawan, Sabtu (27/11).


Gegara Varian Baru Covid-19, Israel Bakal Kembali Berlakukan Status Situasi Darurat Nasional

Politikus PDIP ini meminta pemerintah untuk cepat dalam menanggapi perkembangan penularan Covid-19. Charles mengatakan bahwa pelaku perjalanan dari luar negeri harus dikarantina dengan ketat.

"Pemerintah harus cepat dalam menanggapi berbagai perkembangan terkait penularan Covid-19 di dunia. Screening dan karantina bagi pelaku perjalanan yang datang dari negara-negara yang sudah terdampak oleh varian Omicron harus diperketat," ujar Charles.

"Pelaku perjalanan dari Afrika Selatan dan Botswana, misalnya, harus menjalani karantina lebih lama daripada pelaku perjalanan lainnya. Daftar negara terkait hal ini harus terus diperbaharui secara cepat dengan memperhatikan perkembangan situasi di berbagai negara," lanjutnya.

Selain itu, Charles meminta vaksinasi Covid-19 juga harus ditingkatkan.

"Selain itu, upaya percepatan vaksinasi harus terus ditingkatkan lagi. Kita tentunya berharap seluruh rakyat Indonesia bisa segera mendapatkan perlindungan dari Covid-19 melalui vaksinasi. Walaupun vaksinasi tidak sepenuhnya menghentikan penularan, sampai saat ini para peneliti masih meyakini bahwa vaksin memberikan perlindungan dari sakit keras dan kematian," kata Charles.

Junimart Diminta Cium Tangan Ketum Pemuda Pancasila, PDIP: Jangan Diperpanjang Lagi!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata