logo


Kanada Minta Warganya Segera Tinggalkan Ethiopia

Kementerian Luar Negeri Kanada meminta warganya untuk segera keluar dari Ethiopia karena memburuknya situasi keamanan di negara tersebut

26 November 2021 22:15 WIB

Bendera Kanada
Bendera Kanada istimewa

OTTAWA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly pada Jumat (26/11) mendesak warga negara Kanada yang masih berada di Ethiopia untuk segera meninggalkan negara tersebut. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah Kanada sangat khawatir dengan "situasi keamanan di Ethiopia yang memburuk dengan cepat".

Untuk diketahui, intensitas pertempuran antara Pemerintah Perdana Menteri Abiy Ahmed dan pasukan pemberontak dari wilayah Tigray (TPLF) terus meningkat. Kedua pihak sendiri sudah terlibat konflik selama lebih dari setahun.

Dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters, Joly juga mengatakan bahwa kantor kedutaan Kanada di Addis Ababa masih tetap beroperasi.


Khawatir dengan Ancaman Rusia, Inggris Siagakan Tank Tambahan di Jerman

Pada 7 November 2021 lalu, Kanada juga telah menarik sejumlah staf kedutaan beserta keluarganya dari Ethiopia karena pertempuran di wilayah utara Tigray semakin intensif.

"Keselamatan warga Kanada adalah prioritas tertinggi kami dan, sebagai hasilnya, keputusan dibuat untuk menarik semua anggota keluarga staf Kedutaan Besar Kanada serta karyawan Kanada yang non-esensial dari Ethiopia," kata Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 7 November.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa mereka sudah memiliki dokumentasi terkait "pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran hukum humaniter internasional di Ethiopia yang sangat memprihatinkan". Kanada mendesak kedua pihak untuk segera melakukan gencatan senjata.

Gegara Varian Baru Covid-19, Israel Bakal Kembali Berlakukan Status Situasi Darurat Nasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia