logo


Lebih Ganas dari Varian Covid Delta, Varian B.1.1.529 Sudah Masuk ke Hong Kong

Varian baru Covid-19 yang terdeteksi di wilayah Afrika baru-baru ini diyakini lebih berbahaya dan lebih mudah ditularkan karena jumlah mutasi yang dimiliki jauh lebih banyak daripada varian Delta

26 November 2021 20:47 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Varian baru Covid-19, yang pertama kali terdeteksi di Botswana, kini sudah menyebar ke sejumlah negara di kawasan Asia, seperti Israel dan Hong Kong. Para pakar khawatir jika mutasi yang dimiliki oleh varian baru tersebut membuatnya lebih mudah menyebar dan menembus kekebalan yang sudah ada.

Seperti halnya varian Delta, varian baru yang disebut B.1.1.529 sudah menyebar luas dengan sangat cepat di wilayah benua Afrika bagian selatan.

Munculnya varian baru tersebut juga memaksa sejumlah negara, termasuk Inggris, Israel, dan sejumlah negara anggota Uni Eropa untuk memblokir penerbangan dari beberapa negara Afrika tertentu, diantaranya Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho dan Eswatini.


Pulangkan Warganya dari Perbatasan Polandia, Irak Kirim Pesawat Terbang ke Belarusia

Pada Jumat (26/11), Kementerian Kesehatan Israel mengumumkan bahwa varian baru Covid-19 tersebut sudah terdeteksi di negaranya. Infeksi ditemukan pada seorang warga yang sebelumnya melakukan perjalanan ke Malawi. Kemenkes Israel menambahkan bahwa pihaknya juga sedang mengawasi dua orang lain yang diduga juga terinfeksi.

Sementara itu, dua kasus lain juga dilaporkan oleh otoritas kesehatan Hong Kong, salah satu pasien diantaranya adalah seorang warga Hong Kong yang tiba dari sebuah kota di Afrika Selatan. Menariknya, kedua orang tersebut sebelumnya sudah mendapatkan dua dosis suntikan vaksin Covid-19.

Badan Kesehatan Dunia, WHO, mengakui bahwa mereka masih belum banyak mengetahui tentang varian baru tersebut karena minimnya informasi yang tersedia saat ini.

 

Pemerintah Ethiopia Desak AS Tak Sebarkan Berita Hoaks terkait Situasi di Negaranya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia