logo


Arab Saudi Izinkan WNI Masuk, Menag: Kabar Baik buat Jemaah Umroh Indonesia

Arab Saudi menghapus larangan masuk bagi pelancong dari enam negara, salah satunya Indonesia.

26 November 2021 16:15 WIB

Yaqut Cholil Qoumas
Yaqut Cholil Qoumas Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyambut baik kebijakan Arab Saudi yang menghapus larangan masuk bagi pelancong dari enam negara, salah satunya Indonesia.

"Alhamdulillah, jelang kepulangan kunjungan kerja dari Arab Saudi, saya mendapat informasi resmi bahwa mulai pukul 1 dini hari, pada Rabu, 1 Desember 2021, warga Indonesia sudah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara ke-3 selama 14 hari," kata Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/11/2021).

"Tidak lagi ada persyaratan booster, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama," sambungnya.


Pasukan Koalisi Arab Saudi Kembali Lancarkan Serangan terhadap Kelompok Houthi Yaman

Yaqut mengatakan selain Indonesia, lima negara lain yang sudah mendapat izin masuk adalah Pakistan, Brasil, India, Vietnam, dan Mesir. Ia berharap kebijakan baru ini menjadi kabar baik bagi jemaah umroh Indonesia.

"Semoga ini juga akan menjadi kabar baik buat jemaah umroh Indonesia yang sudah tertunda keberangkatannya sejak Februari 2021. Semoga jemaah Indonesia bisa segera mengobati kerinduannya untuk ke Tanah Suci. Namun harus disiplin protokol kesehatan sesuai ketentuan Arab Saudi," kata Yaqut.

"Dalam tiap kesempatan, saya sampaikan kepada mereka tentang kesiapan Indonesia dalam penyelenggaraan umroh di masa pandemi. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Bersama tim Kemenag sudah saya minta untuk menyusun skenario dan teknis penyelenggaraan yang akan dibahas bersama dengan Wakil Menteri Urusan Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Arabia Dr Abdulfatah Suliman Hashat bersama jajarannya," ungkap Yaqut.

Arab Saudi Mulai Kembali Buka Rute Penerbangan Langsung dari Indonesia per 1 Desember

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata