logo


Jauhkan Hewan Peliharaan Anda dari 8 Jenis Tanaman Hias Ini Sekarang!

Beberapa tanaman ini mengandung racun yang bisa membahayakan hewan peliharaan Anda

19 Mei 2015 12:29 WIB

Ilustrasi (Boby/Jitunews)
Ilustrasi (Boby/Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman hias biasanya menjadi daya tarik oleh sebagian hewan. Mereka sering kali mematuk daun-daun sehingga kadang perasaan jengkel menyergap perasaan Anda, ketika tanaman hias yang Anda rawat dengan sangat hati-hati, dirusak pula oleh hewan kesayangan.

Namun ketahuilah, ada beberapa tanaman hias yang sebaiknya Anda jauhkan dari hewan peliharaan. Dikarenakan tanaman ini mengandung racun yang bisa membahayakan hewan peliharaan Anda jika sampai memakannya. Penasaran, tanaman apa saja. Berikut ulasannya.

1. Lidah Buaya


Jauhkan Tanaman Ini dari Rumahmu, Bahaya! Bisa Sebabkan Kematian


Tanaman yang satu ini, berkhasiat untuk mengobati luka bakar secara alami dan sebagai salah satu tanaman pembersih udara. Namun siapa sangka, tanaman ini sangat berguna bagi manusia, namun tidak bagi hewan. Jika hewan peliharaan Anda, seperti kucing dan Anjing sampai memakan daun lidah buaya yang tebal dan berduri ini. Maka efeknya bisa menyebabkan muntah, diare, gemetar, kurang napsu makan dan efek fatalnya bisa menyebabkan depresi.

2. Begonia


Tanaman Begonia merupakan salah satu tanaman hias populer. Tampilannya yang cantik dan mempesona, membuat para penghobi tanaman hias memeliharanya sebagai tampilan di dalam rumah maupun pekarangan. Namun, sebaiknya tanaman ini di jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan Anda. Apabila kucing atau Anjing kesayangan sampai mengkonsumsi, terutama bagian umbinya. Maka hewan peliharaan Anda akan mengalami bibir terbakar, iritasi pada mulut dan juga muntah-muntah. Selain itu, air liur yang berkurang akan menyebabkan hewan Anda susah untuk menelan makanan.

3. Anyelir


Jika Hewan kesayangan Anda tidak mau terkena ruam kulit dan gangguan pencernaan, sebaiknya hindari hewan peliharaan dari tanaman anyelir. Biasanya, Jika sudah sampai memakan tanaman ini, maka akan mengalami diare, perut kembung dan muntah-muntah.

4. Gypsophila


Tanaman ini memiliki sebutan Baby's breath (nafas bayi). Tanaman ini memiliki tampilan bunga berwarna putih kecil yang banyak. Tanaman ini bisa tumbuh 2 hingga 3 meter. Tanaman ini sangat cantik, namun sangat berbahaya untuk hewan peliharaan. Jika bunga-bunga kecilnya tercium oleh hewan kesayangan makan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah.

5. Chrysanths / Bunga Krisan


Tanaman cantik ini biasa ditemui dipekarangan rumah sebagai tanaman hias. tak hanya di rumah, di toko bunga pun Anda pasti bisa menemukan tanaman ini. Bunganya yang berwarna cerah memang sangat cantik dan indah
Dari tampilan luarnya, Anda pun pasti tak berfikir bahwa tanaman ini bisa beracun bagi hewan peliharaan. Jika tanaman ini termakan oleh hewan, bisa mengakibatkan diare, muntah dan masalah kulit. Lebih fatalnya hewan kesayangan Anda pun bisa meregang nyawa.

6. Bunga Lili


Tanaman yang satu ini memang menjadi favorit oleh sebagian penghobi tanaman hias. Untuk kucing, tanaman ini justru harus dihindari karena sangat berakibat fatal bila dikonsumsi. Bila kucing anda menggigit tanaman ini, maka akan menyebabkan gagal ginjal pada kucing.

7. Pohon Palem


Tanaman yang sering dijadikan tempat peneduh ini memang menjadi tanaman favorit yang biasa dijumpai dihalaman rumah. salah satu jenis palem sago yang bernama ilmiah Cycas Revoluta ini sebaiknya dijauhi dari jangkauan hewan peliharaan. Khususnya pada bagian biji tanaman ini, karena jika sampai tertelan bijinya maka akan mengakibatkan muntah-muntah, pendarahan lambung, memar dan kerusakaan pada hati.

8. Tomat


Pasti Anda tidak akan menyangka, bahwa tomat yang berbuah sangat lezat dengan segudang manfaat ini bisa menimbulkan efek keracunan pada hewan kucing dan Anjing. Namun yang berbahaya dari tomat adalah tanamannya.
Jika kucing atau anjing anda menggigit bagian dari tanaman, maka hewan peliharaan Anda yang lucu akan banyak mengeluarkan air liur, diare, badan lesu dan terlihat kebingungan. Parahnya lagi, denyut jantungnya pun bisa melambat.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah
 
×
×