logo


Kantor Kedubes China di Lithuania Tangguhkan Layanan Konsuler

Langkah tersebut diambil setelah Lithuania membuka kantor perwakilan di Taiwan

26 November 2021 14:00 WIB

Taiwan-China
Taiwan-China istimewa

VILNIUS, JITUNEWS.COM - Kedutaan Besar China di Lithuania untuk sementara menangguhkan layanan konsuler sampai pemberitahuan lebih lanjut karena "alasan teknis". Kata kedutaan besar China dalam sebuah pernyataan di situs resminya pada Kamis (24 November) yang dihapus tak lama setelah dirilis.

Penangguhan itu dilakukan setelah China pada Minggu (21/11) menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lithuania yang sebelumnya membuka kantor kedutaan di Taiwan.

Seperti diketahui, China masih menganggap Taiwan sebagai wilayahnya meski sudah memiliki pemerintahan sendiri, dan telah memberikan peringatan keras terhaddap semua negara untuk tidak menjalin hubungan dengan Taiwan, baik secara resmi maupun tidak resmi.


Selandia Baru Optimis Mampu Cegah Penyebaran Varian Baru Covid-19

Ditanya tentang penurunan hubungan Beijing dengan Vilnius, juru bicara kementerian perdagangan China Shu Jueting pada hari Kamis mengatakan "langkah Lithuania telah sangat mempengaruhi kepercayaan perusahaan di dua negara dan negara anggota Uni Eropa harus menanggung semua konsekuensinya".

Lithuania diketahui memiliki hubungan formal dengan China. Namun, mereka pada awal tahun ini telah membuat marah Beijing ketika mengizinkan Taiwan untuk membuka kantor perwakilan di negara Eropa tersebut. Langkah itu juga direspon oleh China dengan menarik duta besarnya dari Lithuania pada bulan Agustus.

 

Kemunculan Varian Baru Covid-19, WHO: Belum Banyak yang Kami Ketahui

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia