logo


Selandia Baru Optimis Mampu Cegah Penyebaran Varian Baru Covid-19

Perdana Menteri Selandia Baru mengatakan bahwa mereka sudah punya cara untuk meredam penyebaran Covid-19, termasuk varian baru yang lebih berbahaya

26 November 2021 12:50 WIB

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kompasiana

AUCKLAND, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, pada Jumat (26/11) mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki persiapan yang cukup dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 jenis baru yang kini tengah menyebar di sejumlah negara di Afrika. Varian baru tersebut diyakini jauh lebih berbahaya daripada varian Covid-19 sebelumnya.

"Semua perencanaan kami seputar COVID, kami telah membangunnya berdasar kemungkinan adanya varian (baru) di masa depan," kata Ardern dalam sebuah wawancara, dikutip Reuters.

"Itulah sebabnya kami mempertahankan tingkat perlindungan kesehatan masyarakat. Itu sebabnya kami mempertahankan persyaratan di perbatasan kami," tambahnya.


Rusia Sebut Ukraina Gunakan Senjata Terlarang dalam Melawan Gerakan Separatis

Pada Kamis (25/11), sejumlah media melaporkan adanya sebuah varian baru Covid-19 di Afrika Selatan, B.1.1.529, yang jauh lebih mudah menular daripada varian Delta. Varian tersebut juga diyakini mampu menembus perlindungan vaksin.

Sementara itu, pemerintah Selandia Baru sendiri saat ini sudah berencana untuk membuka kembali perbatasannya dan siap menyambut wisatawan asing setidaknya pada April 2022 mendatang. Saat ditanya oleh wartawan apakah kemunculan varian baru Covid-19 ini kemungkinan akan membuat pembukaan perjalanan ke Selandia Baru menjadi tertunda, Ardern mengatakan bahwa "negaranya sudah memiliki sejumlah kebijakan sebagai lapisan perlindungan".

"Dengan semua perubahan kami, kami terus memantau apa yang terjadi dengan pandemi saat ini dan kami akan terus melakukan itu," tambahnya.

Soal Isu Taiwan, China Minta AS Tak Banyak Berkhayal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia