logo


KKB Jatuhkan Banyak Korban, Tokoh NU: Lucu Kalau Dianggap Saudara

Aksi kebrutalan KKB Papua harus ditindak tegas.

26 November 2021 05:15 WIB

Gus Umar
Gus Umar twitter.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Umar Syadat Hasibuan alias Gus Umar tak habis pikir jika teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dianggap sebagai saudara usai menjatuhkan banyak korban.

Hal itu diduga merespons pernyataan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman bahwa KKB Papua adalah saudara yang belum memahami NKRI.

“Lucu kalau KKB mau dirangkul dan dianggap saudara?,” cuitnya lewat akun Twitter @UmarHasibuan75, disitat Jumat (26/11).


KSAD Dudung Minta KKB Tak Harus Diperangi, Golkar Sependapat: Masih Bisa Dibina

Gus Umar menilai aksi kejam KKB Papua sejauh ini tak boleh dianggap sepele. Sebab, sudah banyak nyawa sipil yang telah direnggut.

“Sudah berapa banyak aparat TNI dan Polri juga masyarakat yang meninggal dibunuh KKB,” tuntas dia.

Diketahui, dalam kunjungannya ke Jayapura, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memberikan arahan kepada personel TNI yang akan bertugas di wilayah rawan.

Dudung mengatakan, personel TNI harus memiliki pandangan yang sama terkait KKB. Menurutnya, KKB adalah sebagian kecil masyarakat yang belum memahami Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jangan sampai sedikit pun berpikiran bahwa KKB itu adalah musuh kita, mereka saudara kita yang belum paham tentang NKRI," kata Dudung, Selasa (23/11).

Hizbullah Tak Terima Dianggap sebagai Kelompok Teroris oleh Australia

Halaman: 
Penulis : Iskandar