logo


Soal Isu Taiwan, China Minta AS Tak Banyak Berkhayal

Kementerian Pertahanan China menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berkompromi dengan AS terkait isu Taiwan

25 November 2021 22:30 WIB

Bendera China dan Taiwan
Bendera China dan Taiwan RT.com

BEIJING, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan China memperingatkan Amerika Serikat untuk berhenti mencampuri urusan dalam negeri China, khususnya mengenai isu kemerdekaan Taiwan.

Saat diminta berkomentar terkait hubungan militer AS-China pasca pembicaraan antara Presiden Xi Jinping dan Joe Biden yang digelar beberapa waktu lalu, juru bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian, mengatakan jika hubungan militer China dengan AS masih cukup stabil dan sesuai dengan yang diharapkan, baik oleh kedua negara maupun oleh komunitas internasional.

Ia menambahkan jika China masih bersedia menjaga hubungan diplomatik dan kerjasama dengan Amerika Serikat. Meski demikian, ia tetap memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak terlalu ikut campur dalam masalah Taiwan, yang merupakan isu paling sensitif bagi pemerintah China.


China dan Iran Sepakat Kerjasama Cegah Intervensi Asing dalam Urusan Internal Kedua Negara

"Tidak ada ruang untuk kompromi atas Taiwan dan Amerika Serikat seharusnya tidak memiliki ilusi tentang ini," katanya dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (25/11), dilansir dari Reuters.

Dia menambahkan bahwa belakangan ini Washington telah melakukan serangkaian tindak "provokasi" pada beberapa isu.

"Namun, untuk jangka waktu tertentu, pihak AS telah mengatakan banyak hal yang tidak bertanggung jawab dan melakukan banyak hal provokatif di Taiwan, Laut China Selatan, dan pengintaian jarak dekat oleh kapal perang dan pesawat (terhadap China)," kata Wu.

Rusia Sebut Ukraina Gunakan Senjata Terlarang dalam Melawan Gerakan Separatis

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia