logo


China dan Iran Sepakat Kerja Sama Cegah Intervensi Asing dalam Urusan Internal Kedua Negara

Menteri Luar Negeri China mengatakan bahwa China siap bekerja sama dengan Iran untuk mencegah intervensi negara lain terhadap urusan internal mereka

25 November 2021 21:45 WIB

Menteri Luar Negeri China Wang Yi
Menteri Luar Negeri China Wang Yi China Daily

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China menyatakan siap bekerja sama dengan Iran untuk mencegah pihak asing melakukan intervensi dalam urusan internal kedua negara. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, saat melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Rabu (24/11) melalui format video-conference.

"China siap bekerja sama dengan Iran untuk mencegah kebijakan aksi dan pelecehan sepihak (pihak asing), dengan menjunjung tinggi prinsip non-intervensi dalam urusan internal serta mempertahankan hukum dan impartialitas internasional," kata Wang Yi dalam pembicaraan tersebut, dikutip Sputniknews.

Ia menambahkan bahwa Beijing tidak berniat memaksakan model perkembangan mereka, tapi berharap itu menjadi contoh bagi Iran yang tengah menggenjot perkembangan negaranya dan pada saat bersamaan menjaga kemerdekaan mereka dari intervensi AS dan negara barat.


Lebanon Minta Travel Agen Mereka Tak Buka Rute Perjalanan ke Belarusia

Wang mencatat bahwa China menghargai dukungan Iran untuk inisiatif pembangunan global yang diajukan oleh Presiden China Xi Jinping.

Selama percakapan, para menteri juga bertukar pandangan tentang kesepakatan nuklir Iran dan negosiasi untuk penghapusan sanksi AS terhadap Teheran.

"China memahami tuntutan yang wajar dari Iran dan mendukung Teheran dalam melindungi hak dan kepentingannya yang sah. Dalam situasi saat ini, semua pihak harus melakukan upaya bersama untuk mempertahankan kecenderungan untuk melanjutkan negosiasi dan mempromosikan konsensus pada pembicaraan Wina," kata Wang.

Waspada, Telah Muncul Varian Baru Covid-19 yang Jauh Lebih Berbahaya daripada Varian Delta

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia