logo


Waspada, Telah Muncul Varian Baru Covid-19 yang Jauh Lebih Berbahaya daripada Varian Delta

Varian baru ini muncul pertama kali di Botswana, dan sudah menyebar ke Afrika Selatan. Selain itu, seorang pasien Covid-19 di Hong Kong juga dikabarkan terinfeksi varian ini

25 November 2021 20:59 WIB

Virus Corona Covid-19
Virus Corona Covid-19 kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah pakar kesehatan memperingatkan akan adanya varian baru virus Covid-19 yang jauh lebih mudah ditularkan dibanding dengan varian-varian mutasi sebelumnya. Varian baru tersebut dilaporkan sudah ditemukan pada sejumlah pasien di negara Afrika hingga Asia.

Dilansir dari RT.com, Varian Covid-19 terbaru ini diketahui memiliki perubahan signifikan pada caranya menyebar yang mampu menembus perlindungan vaksinasi. Varian ini bisa menjadi jenis virus corona yang paling berevolusi, karena 32 mutasi telah terdeteksi di dalamnya. Sementara itu, varian Delta yang mampu mendominasi kasus infeksi secara global pada awal tahun 2021 lalu saja diketahui hanya memiliki 11 mutasi.

Varian baru tersebut awalnya terdeteksi dari tiga pasien di Botswana, Afrika, dan dengan demikian dikenal sebagai varian Botswana. Varian ini telah ditemukan di tiga negara sejak infeksi pertama pada 11 November kemarin. Enam kasus telah terdeteksi di Afrika Selatan, dan satu lagi kemudian terdaftar di Hong Kong, yakni warga Hong Kong yang baru-baru ini melakukan perjalanan ke China dari Afrika Selatan.


Sudah Penuh dengan Pasien Covid-19, Banyak RS di Belanda Hentikan Layanan Kesehatan untuk Penyakit Lain

Hal ini tentu saja membuat para ilmuwan sangat waspada, karena varian baru dapat menyebar ke mana saja melalui perjalanan internasional. Sebelum terinfeksi, pasien tersebut juga dilaporkan telah menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19.

 

Lebanon Minta Travel Agen Mereka Tak Buka Rute Perjalanan ke Belarusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia