logo


Sudah Penuh dengan Pasien Covid-19, Banyak RS di Belanda Hentikan Layanan Kesehatan untuk Penyakit Lain

Belanda dan kawasan Eropa belakangan ini mengalami lonjakan kasus infeksi Covid-19 yang sangat tinggi

25 November 2021 20:14 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

AMSTERDAM, JITUNEWS.COM - Lonjakan jumlah pasien Covid-19 yang sangat tinggi membuat sejumlah rumah sakit di Belanda untuk sementara waktu menghentikan layanan kesehatan bagi pasien penyakit lain, seperti prosedur kemoterapi bagi mereka yang mengidap kanker.

Dilansir dari CNA pada Kamis (25/11), Asosiasi Rumah Sakit Belanda untuk Perawatan Kritis mengatakan bahwa pihaknya telah meminta Menteri Kesehatan Hugo de Jonge untuk meningkatkan status COVID-19 nasional ke tahap di mana perawatan reguler yang membutuhkan perawatan menginap semalam akan dibatalkan.

"Ada beberapa rumah sakit di sejumlah daerah yang mengurangi layanan perawatan," kata juru bicara asosiasi rumah sakit.


Seorang Karyawan Pfizer Dituduh Curi Formula Vaksin Covid-19

"Kita berbicara tentang perawatan yang membutuhkan tempat tidur. Itu berarti banyak janji yang dibatalkan," tambahnya.

Lonjakan kasus infeksi Covid-19 di Belanda dan Eropa yang begitu tinggi dalam beberapa waktu terakhir ini membuat para ahli mengeluarkan peringatan bahwa rumah sakit akan mencapai kapasitas penuh dalam waktu kurang dari seminggu jika pemerintah tidak segera mengambil tindakan untuk memutus penyebaran virus. Bahkan, beberapa pasien COVID-19 Belanda pada pekan ini sudah dipindahkan ke rumah sakit di wilayah Jerman.

Untuk merespon gelombang kasus infeksi Covid-19, Tim satgas Covid-19 Belanda rencananya akan menggelar pertemuan darurat guna membahas mengenai kebijakan pembatasan sosial atau lockdown yang akan mereka umumkan pada Jumat (26/11).

 

WHO Bilang Belum Ada Vaksin yang Ampuh Cegah Penularan Varian Delta

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia