logo


Seorang Karyawan Pfizer Dituduh Curi Formula Vaksin Covid-19

Pfizer menuduh Chun Xiao Li berusaha mencuri data rahasia perusahaan, termasuk formula vaksin Covid-19

25 November 2021 14:45 WIB

Vaksin Pfizer (Ilustrasi)
Vaksin Pfizer (Ilustrasi) istimewa

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Pfizer menuduh seorang karyawannya telah membuat dokumen rahasia dalam jumlah yang sangat banyak, termasuk rahasia dagang terkait dengan vaksin Covid-19 dan obat-obatan lainnya, dan kemudian mencoba menutup-nutupinya secara rumit.

Perusahaan farmasi tersebut meluncurkan gugatan terhadap staf, yang diidentifikasi sebagai Chun Xiao Li, awal pekan ini, dengan tuduhan bahwa dia “mengunggah lebih dari 12.000 file – termasuk sejumlah dokumen rahasia Pfizer – dari laptopnya yang dikeluarkan Pfizer ke akun Google Drive pribadi” pada akhir Oktober lalu, dan kemudian mentransfer file-file itu ke perangkat pribadinya.

“Karena banyaknya dokumen yang disalahgunakan oleh Ny/ Li, Pfizer belum memahami ruang lingkup penuh dari rahasia dagang dan informasi rahasia yang dimilikinya,” kata perusahaan itu.


Hizbullah Tak Terima Dianggap sebagai Kelompok Teroris oleh Australia

Ia menambahkan bahwa Li sekarang memiliki ribuan dokumen yang kemungkinan memiliki kaitan dengan banyak formula vaksin buatan Pfizer, termasuk vaksin untuk Covid-19.

"Mengingat peran dan tanggung jawabnya sebagai Associate Director of Statistics, Ny. Li memiliki akses ke informasi yang sangat rahasia, hak milik, dan rahasia dagang terkait dengan berbagai vaksin dan obat-obatan, termasuk vaksin Covid-19," tambahnya.

Pfizer juga menuduh bahwa Li bekerja dengan hingga lima rekan konspirator yang tidak dikenal, dan bahkan memberikan "laptop umpan" untuk menyesatkan tim keamanan perusahaan, untuk meyakinkan tim bahwa itu adalah perangkat yang digunakan untuk mengekstrak file.

Namun, Pfizer mengatakan "analisis forensik" menegaskan itu bukan laptop yang sama, dan bahwa Li - atau salah satu kaki tangannya - "kemungkinan tetap memiliki komputer sebenarnya yang berisi 12.000 file itu."

Kapal Imigran Terbalik di Perairan Inggris, Lebih dari 30 Orang Dinyatakan Hilang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia