logo


Petinggi Militer AS Yakin Iran Bisa Bangun Senjata Nuklir dalam Waktu Dekat

Kepala Pusat Komando Militer AS meyakini jika dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun bagi Iran untuk merancang hulu ledak nuklir yang dapat dipasang diatas salah satu dari ribuan rudal balistiknya

25 November 2021 12:42 WIB

senjata nuklir yang di miliki oleh 9 negara
senjata nuklir yang di miliki oleh 9 negara

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Salah satu ptinggi militer Amerika Serikat, Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan kepada Time Magazine jika Iran sangat mampu membangun sebuah senjata nuklir. Pernyataan tersebut ia lontarkan beberapa hari menjelang dilanjutkannya negosiasi pemulihan perjanjian nuklir antara AS dan Iran di Vienna, Austria.

"Mereka sudah sangat dekat (dengan kemampuan membangun senjata nuklir) kali ini," kata Kepala Pusat Komando Militer AS dalam wawancara tersebut.

Sejak April lalu, Vienna telah menjadi tuan rumah pembicaraan pemulihan perjanjian nuklir Iran 2015 atau JCPOA. Pembicaraan putaran keenam negosiasi tersebut sudah digelar pada 20 Juni namun tetap belum mencapai kesepakatan. Pembicaraan rencananya akan kembali dilanjutkan pada 29 November mendatang.


Bela Rusia, China Kecam Upaya AS Politisasi Proyek Nord Stream 2

McKenzie mengatakan jika Komando Pusat memiliki berbagai rencana yang dapat dijalankan jika Iran nantinya berhasil membangun senjata nuklir. Ia meyakini Iran akan membutuhkan lebih dari satu tahun untuk merancang hulu ledak nuklir yang dapat dipasang di atas salah satu dari 3.000 rudal balistiknya.

“Rudal-rudal itu menghantam dalam jarak puluhan meter dari target mereka. Satu hal yang telah dilakukan Iran selama tiga hingga lima tahun terakhir adalah mereka membangun platform rudal balistik yang sangat mumpuni,” katanya.

WHO Minta Negara Maju Tunda Pendistribusian Vaksin Covid-19 pada Anak

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia