logo


BMKG Australia Prediksi La Nina Tahun Ini Berlangsung hingga Maret 2022

Badan Meteorologi Australia memprediksi jika fenomena cuaca La Nina yang sudah berlangsung saat ini akan berlanjut hingga bulan Maret tahun 2022

23 November 2021 20:00 WIB

Ilustrasi Hujan Deras
Ilustrasi Hujan Deras istimewa

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Badan Meteorolgi Australia telah menyatakan bahwa fenomena La Nina saat ini sudah mulai terjadi di kawasan Pasifik, dimana hal itu memicu kenaikan curah hujan yang dapat mengakibatkan bencana banjir.

“Indikator utama atmosfer dan laut dari El Niño-Southern Oscillation (ENSO) menunjukkan bahwa La Niña sudah terbentuk,” kata badan tersebut, dikutip The Guardian pada Selasa (23/11).

Pernyataan tersebut dibuat berdasarkan tingkat suhu permukaan laut yang mendekati ambang batas terjadinya fenomena La Niña di wilayah utama Pasifik, dengan model yang menunjukkan kemungkinan pendinginan suhu udara yang lebih lanjut. Indikator yang mereka amati termasuk jumlah penumpukan awan dan kekuatan perputaran angin.


Lebih dari Setahun, Penyebab Ledakan Pelabuhan Beirut Masih Misterius

"Prospek model saat ini menunjukkan La Nina ini akan bertahan hingga akhir musim panas belahan bumi selatan atau awal musim gugur 2022," kata biro itu.

Adapun prediksi sebelumnya menyatakan bahwa La Nina kemungkinan akan mulai menghilang pada akhir Januari atau awal Februari 2022.

Andrew Watkins, kepala Biro Operasional Layanan Iklim Australia, mengatakan bahwa fenomena La Niña juga akan meningkatkan kemungkinan suhu lebih dingin daripada rata-rata siang hari di sebagian besar Australia.

“La Niña signifikan terakhir adalah 2010–12. Peristiwa kuat ini berdampak besar di seluruh Australia, termasuk periode dua tahun paling basah di Australia, dan banjir yang meluas,” kata Watkins.

Ia menambahkan bahwa fenomena La Nina yang terjadi pada akhir tahun ini diprediksi tidak sekuat pada tahun 2010-12 atau pun yang terjadi pada akhir tahun lalu.

 

AS Kembali Jatuhkan Sanksi bagi Perusahaan yang Terlibat Pembangunan Nord Stream 2

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia