logo


PAN Sebut Ada Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri Dapat Izin Penggunaan

Saleh mengatakan bahwa vaksin yang mendapatkan EUA artinya sudah melewati seluruh tahapan uji klinis

23 November 2021 17:00 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.
Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay. dok. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan bahwa ada vaksin Covid-19 buatan dalam negeri mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM. Menurutnya, itu menjadi peluang besar untuk memenuhi kebutuhan vaksin nasional.

"Kemarin ada RDP (rapat dengar pendapat) soal vaksin ini di DPR. Ada Dirjen P2P, Dirjen Farmalkes, IDAI, ITAGI, dan HOGI. Pembahasannya seputar vaksinasi rutin yang selama ini dilaksanakan. Tentu dalam pendalaman, kami juga menanyakan soal progres vaksin produksi dalam negeri," kata Saleh dalam keterangannya, Selasa (23/11).

"Saya dengar telah ada vaksin produksi dalam negeri yang telah mendapatkan EUA dari BPOM. Nah, ini kan peluang besar untuk memenuhi kebutuhan vaksin secara nasional," imbuhnya.


MPR Beri Penghargaan Penemu Vaksin Oxford Astrazeneca, Syarif: Indonesia Bangga sama Carina Joe

Saleh mengatakan bahwa vaksin yang mendapatkan EUA artinya sudah melewati seluruh tahapan uji klinis.

"Kalau sudah mendapatkan EUA, berarti vaksin tersebut telah melewati seluruh tahapan riset yang ketat, termasuk sejumlah uji klinis yang dipersyaratkan. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan," jelasnya.

Tak Setuju MUI Dibubarkan, PAN: Kedudukannya Sangat Kuat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata