logo


Pasang Badan Jika Ada yang Berani Bubarkan MUI, Din Syamsuddin: Mereka Hanya Mengetes Air

Din meminta desakan pembubaran MUI tidak perlu ditanggapi dengan serius

23 November 2021 11:37 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin turut menanggapi desakan pembubaran MUI. Ia mengaku siap turun ke lapangan apabila ada pihak-pihak yang ingin membubarkan MUI.

"Ketahuilah kalau ada pihak, siapa pun mereka, yang berani membubarkan MUI maka mereka akan berhadapan dengan umat Islam di seluruh Tanah Air. Sebagai yang pernah memegang amanah sebagai Ketua Umum MUI dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI saya siap turun lapangan," kata Din kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Din meminta desakan pembubaran MUI tidak perlu ditanggapi dengan serius. Ia menduga bahwa desakan tersebut ada kaitannya dengan Islamofobia.


Putri Gus Dur Sebut MUI itu LSM, Teddy eks PKPI: Mau Lihat Reaksi Orang yang Ngecam Gue

"Desakan dari pihak tertentu untuk bubarkan MUI tidak perlu ditanggapi serius. Desakan itu boleh jadi asli maka itu menunjukkan bahwa Kelompok Anti Islam/Islamofobia yang merasa mendapat dukungan rezim berkuasa (yang diam saja dan terkesan membiarkannya) mendapatkan momentum dengan penangkapan sejumlah ulama/muballigh," ujar Din.

"Atau, desakan itu palsu yakni hanya merupakan manuver untuk mengalihkan perhatian dari masalah besar yang sedang dihadapi bangsa, atau pelanggaran etika kekuasaan yang sedang didesakkan penyelesaiannya oleh sebagian rakyat. Mereka hanya ingin mengetes air (testing the water)," sambungnya.

Lebih lanjut, ia meminta agar umat Islam tetap tenang menanggapi desakan tersebut. Alih-alih terprovokasi, ia meminta umat Islam melakukan amar ma'ruf nahi munkar.

"Maka, sebaiknya kita lihat saja dengan tersenyum apakah kelompok yang mendesakkan pembubaran MUI itu benar-benar berani atau sesungguhnya mereka adalah kelompok pengecut yang hanya bisa mengumbar kata-kata tapi tidak berani melaksanakannya. Kita semua jangan beralih perhatian untuk terus melakukan amar makruf nahyi munkar terhadap kerusakan struktural dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya.

Tak Setuju MUI Dibubarkan, PAN: Kedudukannya Sangat Kuat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati