logo


Data Bank Indonesia: 87,5% UMKM di Indonesia Tumbang Terhempas Pandemi Covid-19

Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Bandoe Widiarto mengatakan UMKM merasakan dampak terutama dari sisi penjualannya mengalami penurunan karena memang penjualannya mengalami penurunan

21 November 2021 14:24 WIB

Seorang ibu sedang membatik di rumah batik palbatu, Jakarta, Rabu (18/05/2016).
Seorang ibu sedang membatik di rumah batik palbatu, Jakarta, Rabu (18/05/2016). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Situasi pandemi Covid-19 benar-benar memberikan dampak besar terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Betapa tidak, turunnya daya beli masyarakat jelas membuat omzet penjualan UMKM turun, bahkan tak sedikit UMKM yang gulung tikar.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Bank Indonesia, imbas buruk pandemi telah menghantam 87,5 persen pelaku UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

"UMKM merasakan dampak terutama dari sisi penjualannya mengalami penurunan karena memang penjualannya mengalami penurunan, permintaan tidak ada," kata Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Bandoe Widiarto, dikutip CNBC Indonesia pada Minggu (21/11).


JK: Kita Harus Bersiap Menghadapi Kemungkinan Gelombang III Pandemi Covid-19

Meski demikian, masih ada sekitar 13 persen UMKM yang masih mampu bertahan dari hantaman pandemi. Bandoe menjelaskan bahwa rata-rata UMKM yang 'survive' ini melakukan beragam inovasi baik memodifikasi produk maupun memanfaatkan e-commerce untuk berjualan secara online.

"Ternyata bahwa UMKM ini memang yang mau kreatif, inovasi ini bisa bertahan pada saat pandemi. Ini yang bisa kami lihat pada saat pandemi seperti ini," jelasnya.

Bahkan, dengan memanfaatkan teknologi digital sejumlah UMKM tercatat mampu menembus pasar internasional.

"Dengan ekspor secara digital ini juga berdampak pada jangkauan penjualan yang semakin luas, kemudian biaya operasional bisa ditekan dan ada optimalisasi proses transaksi," jelasnya.

Buruh Protes Upah Naik Dikit, Denny Siregar: Kalian Masih Kerja Aja Udah Bagus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia