logo


Diragukan Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati: Boleh Enggak CV Saya Ditampilkan?

Peran akademisi dalam suatu lembaga tak hanya berkutat pada teori, melainkan sampai implementasi.

20 November 2021 14:30 WIB

Presedential Lecture Internalisasi Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019).
Presedential Lecture Internalisasi Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Megawati Soekarnoputri angkat bicara terkait keraguan sejumlah pihak atas kedudukannya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Presiden ke-5 RI itu berniat menunjukkan riwayat pendidikannya lantaran kapasitasnya diragukan.

"Saya kalau boleh dibilang bagian dari kalangan akademisi, saya tadi minta sebetulnya boleh nggak ya CV saya ditampilkan, karena banyak orang meragukan," kata Mega dalam Pembukaan Forum Komunikasi Riset dan Inovasi 2021, Jumat (19/11).

Ketua Umum PDI Perjuangan itu mempertanyakan label ‘akademisi’ yang menjadi sorotan. Menurutnya, peran akademisi dalam suatu lembaga tak hanya berkutat pada teori, melainkan sampai implementasi.


Diragukan Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Ini Kata Megawati

"Katanya 'kenapa Ibu Mega yang mesti masuk menjadi ketua dewan pengarah? Beliau bukan seorang akademisi', saya lalu garuk-garuk kepala, sebetulnya yang dimaksud akademisi itu apa, hanya teori atau sampai pada tingkat implementasi? Pasti semuanya akan bilang sampai pada tingkat implementasi," ujar Mega.

Putri dari Bung Karno itu lantas mengungkapkan, Presiden Jokowi menunjuk dirinya sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN agar riset sejalan dengan kepentingan nasional.

Pasalnya, Mega saat ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Jadi ketika beliau, Bapak Presiden Jokowi memanggil saya untuk mendiskusikan, karena beliau mengatakan 'Saya akan segera membentuk sebuah badan riset, Ibu, dan saya minta supaya Ibu mau menjadi ketua dewan pengarahnya'," jelasnya.

Ruhut Sebut yang Meragukan Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Adalah Kadrun

Halaman: 
Penulis : Iskandar