logo


Korsel Kerahkan Jet Tempur Hadang Pesawat Militer China dan Rusia yang Mendekat ke Wilayah Udaranya

Militer KOrea Selatan mengatakan bahwa mereka telah mengerahkan sejumlah pesawat tempur setelah sejumlah pesawat militer China dan Rusia terbang mendekati wilayah udara Korea Selatan

19 November 2021 20:45 WIB

Ilustrasi Pesawat tempur China
Ilustrasi Pesawat tempur China istimewa

SEOUL, JITUNEWS.COM - Militer Korea Selatan pada Jumat (19/11) menyatakan bahwa mereka telah mengerahkan jet tempurnya ke wilayah perbatasan setelah dua pesawat tempur China dan tujuh unit jet tempur Rusia masuk ke zona identifikasi pertahanan udara mereka (KADIZ). Beijing sendiri mengatakan jika sejumlah pesawat tempur tersebut melakukan kegiatan latihan rutin.

"Pesawat China dan Rusia telah memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) bagian timur laut untuk periode yang tidak ditentukan sebelum akhirnya mereka keluar," kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan dalam pernyataan tertulisnya.

JCS menambahkan bahwa meski pesawat tempur China dan Rusia tersebut tidak melanggar wilayah udaranya, namun pihaknya tetap mengirim jet tempur dan tanker pengisian bahan bakar udara sebagai langkah pencegahan jika pesawat China dan Rusia tersebut menerobos wilayah udara Korea Selatan.


Pejabat Kongres AS Tak Akui Putin Sebagai Presiden Setelah Tahun 2024, Begini Reaksi Rusia

"Kami menilai situasinya sebagai latihan militer gabungan China dan Rusia, tetapi analisis tambahan diperlukan," kata JCS dalam sebuah pernyataan.

Pada tahun 2019 lalu, pesawat tempur Korea Selatan diketahui sempat mengeluarkan ratusan tembakan peringatan ke arah pesawat militer Rusia yang diklaim memasuki wilayah udara Korea Selatan tanpa ijin selama kegiatan patroli udara bersama dengan China.

NATO Bisa Memindahkan Senjata Nuklirnya dari Jerman ke Eropa Timur jika...

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia