logo


Solo Didapuk Jadi Kota Percontohan Wellness City di Indonesia

Gibran berharap langkah tersebut dapat memberikan dampak yang positif pada sektor pariwisata Indonesia.

19 November 2021 19:17 WIB

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka Prokompim Pemkot Solo

SOLO, JITUNEWS.COM – Kota Solo didapuk menjadi salah satu kota percontohan Wellness City dan Wellness Tourism atau Kota Kebugaran dan Wisata Kebugaran di Indonesia, selain Yogyakarta dan Bali.

Wali kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengatakan isu kesehatan menjadi topik yang banyak diperbincangkan, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menurutnya, sistem kesehatan modern mengarah pada mental health wellness karena beban kerja yang berpengaruh menurunkan daya tahan tanpa disadari.


CREAVEST 2.0 Angkat Prestasi Kreatif Pemuda Lokal, Padukan Semangat Muda dan Budaya

Gibran menyebut gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu penyakit kronis. Penyakit tersebut tengah merajalela dan berdampak pada 71% kematian secara global.

“Dalam krisis sekarang ini, penyakit kronis melemahkan sistem pertahanan antibodi untuk melawan virus Covid 19. Untuk jangka panjang penyakit kronis merupakan tantangan besar dari kesehatan publik yang disebut emerging pandemic," kata Gibran saat me-launching Solo Wellness City, The City of Java Wellness, di Dalem Doyoatmajan, Solo, Jumat (19/11/2021).

Putra Presiden Joko Widodo itu berujar, masing-masing negara memiliki isu kesehatan yang berbeda. Hal tersebut terkait faktor biaya, kebutuhan kesehatan dan ketimlangan pada akses perawatan kesehatan.

Untuk diketahui, belanja kesehatan telah mencapai 10% dari GDP Global. Dan tumbuh lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi dunia.

Menurut data Global Wellness Institute, wisata wellness adalah wisata yang pertumbuhannya paling cepat dalam sektor wellness economy.

Perjalanan welmness tahun 2019 mempresentasikan 6,5 % dari total perjalanan wisatawan dunia. Asia Pasifik menduduki peringkat kedua di bawah Eropa.

Menurut data dari mackenzie, perkiraan global wellness mencapai 1,5 triliun US$. Dengan pertumbuhan anual 5 sampai 10%.

Gibran menilai wellness telah menjadi gaya hidup dan nilai konsumen serta merubah perilaku masyarakat saat ini.

"Demi terwujudnya wisata wellness dengan dukungan dari Kemenparekraf, Kota Solo bersama dengan Indonesia Wellness Institute meluncurkan brand pariwisata Solo Wellness City, The City of Java Wellness di mana Solo akan menjadi Pilot Project dari Indonesia Wellness City," ungkap Gibran.

Dia berharap langkah kecil tersebut dapat memberikan dampak yang positif pada sektor pariwisata dan bisa menular ke kota lain untuk bersama memulihkan pariwisata Indonesia.

Acara peluncuran Inisiatif Pariwisata Wellness Indonesia itu dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanusudibyo, Kemenparekraf bidang Pariwisata dan Penyelenggara Kegiatan Ni Wayan Giri, Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Industri Obat dan Alat Kesehatan Prof Laksono Trisnantoro.

Lalu ada Setyo Irawan selaku Kabid Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Plt Kadispar Kota Surakarta Aryo Widyandoko, Ketua Indonesia Wellness Institute Tendy Nur Alam Naim, Dr KPH Nur Harjanto (Dalem Doyoatmajan), Pengurus Indonesia Wellness Institute serta Asosiasi Wellness Tour.

Pemkot Solo Terima Bantuan 50 HEPA Ventilation dari Zhuhai RRT

Halaman: 
Penulis : Iskandar