logo


Waspada Lonjakan Kasus Covid-19, Jokowi Minta Pemda Tak Buru-buru Buka Kegiatan Publik

Presiden Joko Widodo meminta semua pihak untuk berhati-hati terhadap lonjakan kasus Covid-19

18 November 2021 14:51 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo meminta semua pihak untuk berhati-hati terhadap lonjakan kasus Covid-19. Jokowi menyebut negara-negara lain mengalami gelombang keempat.

"Saya kira negara-negara lain mengalami gelombang satu, gelombang dua, gelombang tiga, masih tambah lagi gelombang keempat. Inilah sekali lagi yang harus kita hati-hati, penuh kehati-hatian," kata Jokowi saat menyampaikan pidato kunci di Kompas100 CEO Forum seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/11).

Jokowi memerintahkan menteri dan kepala daerah untuk tidak buru-buru membuka kegiatan. Jokowi meminta kegiatan publik dibuka secara bertahap.


Jokowi Apresiasi Muhammadiyah yang Bergerak Cepat Membantu di Pandemi Covod-19

"Saya selalu sampaikan kepada menteri dan daerah, bukanya harus tahapan, tahapan, tahapan. Tidak usah tergesa-gesa buka semuanya. Dilihat bagaimana positivity rate seperti apa, belum cukup, lihat BOR-nya di RS seperti apa. Cek lagi testing dan tracing di setiap daerah seperti apa. Semuanya kita memang harus hati-hati," ujar Jokowi.

Jokowi bersyukur kasus Covid-19 di Indonesia sudah landai. Jokowi mengingat saat kasus Covid-19 di Indonesia tinggi membuat rumah sakit kewalahan menghadapinya.

"Perkembangan Covid hari ini kita patut syukuri kita bisa kembali ke pertengahan Juli yang lalu saat kasus harian kita 56 ribu, betapa sangat meloncatnya saat itu hanya dalam waktu 2-3 Minggu langsung berada di puncak 56 ribu. RS pontang-panting, urusan oksigen, urusan obat. Tapi memang kuncinya menurut saya adalah gotong royong, kerja bersama-sama, solidaritas antar seluruh elemen bangsa, dan itu sudah kita tunjukkan di Juli, Agustus September dan kita bisa lakukan itu," ujar Jokowi.

"Dan sekarang, kemarin kasus harian sudah di angka kurang lebih 500, 400, 300 dalam seminggu ini. Ini yang patut kita syukuri," sambung Jokowi.

Jokowi Sebut Penanganan Covid-19 di Indonesia Diapresiasi oleh Dunia

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata