logo


Zain An Najah Ditangkap Terkait Terorisme, Politikus Golkar: MUI Harusnya Lebih Hati-hati dan Selektif

Anggota Komisi Fatwa MUI, Ahmad Zain An Najah, ditangkap karena diduga terlibat jaringan terorisme

17 November 2021 13:30 WIB

Tubagus Ace Hasan Syadzily.
Tubagus Ace Hasan Syadzily. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi Fatwa MUI, Ahmad Zain An Najah, ditangkap karena diduga terlibat jaringan terorisme. Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily, meminta MUI untuk lebih hati-hati dan selektif dalam melakukan perekrutan.

"Jika terbukti pengurus MUI memiliki keterkaitan dengan tindakan terorisme, MUI seharusnya lebih hati-hati dan selektif dalam merekrut pengurusnya. MUI itu organisasi berhimpunnya para ulama dan cendekiawan yang seharusnya sudah tidak diragukan lagi komitmennya terhadap Pancasila dan NKRI," kata Ace kepada wartawan, Rabu (17/11).

Ace menegaskan bahwa tindakan terorisme bertentangan dengan prinsip-prinsip jati diri Islam.


Anggotanya Ditangkap Densus 88, MUI: Tak Akan Hidup Orang yang Berpikiran Radikal!

"Tindakan terorisme itu bertentangan dengan prinsip-prinsip wasathiyatul Islam, moderasi Islam, sebagaimana nilai-nilai yang diajarkan MUI. Ekstremisme itu berlawanan dengan sikap beragama yang moderat," sebutnya.

"Jadi, kalau ada pengurus MUI terbukti terlibat dengan gerakan terorisme, sudah tidak sesuai dengan ajaran Islam yang disosialisasikannya selama ini," imbuhnya.

Politikus Partai Golkar ini menyebut bahwa Densus 88 Antiteror Polri masih dibutuhkan.

"Densus 88 masih diperlukan untuk mendeteksi dan menindak tindak terorisme yang memang secara faktual masih ada di Indonesia," ujarnya.

Ace mengatakan bahwa tindakan terorisme bukan semata tentang agama tapi bisa timbul akibat gerakan separatisme.

"Tentu tindakan terorisme ini harus dilihat bukan semata-mata soal agama, tetapi juga bisa jadi berasal dari sentimen lainnya, seperti separatisme. Untuk itu, siapapun harus menghormati proses hukum yang saat ini dijalani dari oknum pengurus MUI itu," paparnya.

"Kita biarkan penegak hukum bekerja dengan profesional dan transparan agar tidak menimbulkan spekulasi yang bermuatan politis terhadap kasus ini," pungkasnya.

Minta Densus 88 Ungkap Alasan Penangkapan Anggota Komisi Fatwa Zain, MUI: Kita Masih Gamang

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata