logo


Luhut Bilang 29 Persen Wilayah Jawa-Bali Alami Peningkatan Kasus Infeksi Covid-19

Selain itu, Luhut Binsar Pandjaitan juga mengungkap sejumlah temuan yang menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai tidak disiplin dalam mentaati aturan protokol kesehatan.

15 November 2021 22:26 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 dan jumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit di hampir sepertiga wilayah Jawa-Bali mengalami peningkatan dalam kurun waktu satu pekan terakhir.

"Khusus wilayah Jawa-Bali, terdapat 29 persen kabupaten/kota yang mengalami peningkatan kasus dibandingkan minggu lalu dan 34 persen kabupaten/kota yang mengalami peningkatan orang yang dirawat dibandingkan minggu lalu," kata Luhut dalam keterangan tertulis, Senin (15/11).

Sementara itu, 16 kabupaten/kota di wilayah Jawa-Bali yang masih memiliki tingkat vaksinasi Covid-19 yang sangat rendah, dimana tingkat vaksinasi Covid-19 bagi para lansia dan masyarakat kelompok usia lain di daerah-daerah itu sejauh ini masih belum mencapai 50 persen.


Austria Mulai Berlakukan Lockdown Khusus bagi Warga yang Belum Divaksinasi

Luhut juga mengungkap sejumlah temuan yang menunjukkan bahwa masyarakat mulai bersikap tidak disiplin dalam mentaati aturan protokol kesehatan. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan mengingat Indonesia akan segera memasuki musim liburan Natal dan tahun baru.

"Dalam menyambut Nataru yang akan datang sebentar lagi, pemerintah akan berkoordinasi untuk mengetatkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan protokol kesehatan, utamanya di tempat kerumunan," ujar Luhut.

Oleh karena itu, Luhut berjanji akan terus mendorong vaksinasi Covid-19, khususnya di daerah-daerah yang tingkat vaksinasinya masih rendah.

Vaksinasi Covid-19 Indonesia Sudah Lampaui Target WHO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia