logo


Gelar Pertemuan Virtual dengan Joe Biden, Xi Jinping Bakal Sampaikan Peringatan Ini

Presiden China akan menyampaikan peringatan keras terhadap pemerintah AS untuk segera menghentikan intervensinya terhadap isu Taiwan

15 November 2021 19:00 WIB

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Presiden China Xi Jinping akan memanfaatkan pertemuan virtual pertamanya dengan Presiden AS Joe Biden untuk memperingatkan Washington mengambil langkah mundur dari isu Taiwan. Hal itu disampaikan oleh sebuah artikel editorial surat kabar Beijing Times pada Senin (15/11).

Untuk diketahui, Xi Jinping dijadwalkan menggelar pertemuan virtual bersama Joe Biden pada Selasa (16/11) pagi waktu China atau Senin petang waktu Washington. Pertemuan tersebut digelar ditengah meningkatnya ketegangan AS-China terkait sejumlah persoalan, diantaranya isu perdagangan dan teknologi, isu HAM di Xinjiang hingga isu Taiwan.

Sementara itu, dalam sebuah artikel editorial berbahasa Inggris yang dirilis oleh China Daily pada Senin (15/11), dikatakan bahwa Xi akan menegaskan kepada Biden bahwa Beijing akan berupaya semaksimal mungkin untuk membuat Taiwan kembali bersatu dengan China Daratan suatu saat nanti, apapun resikonya.


Austria Mulai Berlakukan Lockdown Khusus bagi Warga yang Belum Divaksinasi

Hal senada juga dimuat dalam sejumlah artikel editorial lain yang dirilis oleh The Global Times, sebuah tabloid yang dikelola oleh Partai Komunis China.

"Pertanyaan Taiwan adalah garis merah utama China", tulis editorial Senin oleh Global Times, sebuah tabloid yang diterbitkan oleh People's Daily milik Partai Komunis yang berkuasa.

"Untuk mengurangi risiko bentrokan strategis antara China dan AS, yang terakhir harus mengambil langkah mundur dari pertanyaan Taiwan," tambahnya.

 

Tolak Rencana Militer Rusia Gelar Latihan di Laut Hitam, Putin: Tak Perlu Menambah Ketegangan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia