logo


Jangan Tergiur Harga Murah, Berikut Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

Mobil bekas taksi biasanya dijual dengan harga yang jauh dibawah harga pasaran

15 November 2021 17:30 WIB

Mobil Toyota Alphard
Mobil Toyota Alphard grid-oto

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pada umumnya, perusahaan taksi di Indonesia akan melakukan peremajaan armada setiap lima tahun sekali, dimana hal ini merupakan sebuah kesempatan bagi anda yang ingin mencari merk mobil populer seperti Toyota Alphard, Mercedes Benz, atau Toyota Camry dengan dengan harga yang ramah di kantong.

Namun, anda wajib waspada, mengingat selama beroperasi mobil bekas taksi ini menempuh jarak ratusan kilometer setiap harinya. Sehingga, tak semua unit mobil memiliki kondisi mesin, kaki-kaki, sasis atau sektor interior yang prima.

Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk membeli mobil bekas taksi, perlu anda simak tips-tips berikut ini


7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet yang Terbukti Ampuh

1. Pilih Perusahaan Taksi

Setiap perusahaan taksi memiliki standar tersendiri dalam merawat armadanya. Standarisasi perawatan antara perusahaan satu dengan yang lain kemungkinan tidak sama. Pastikan anda pilih perusahaan taksi yang teruji memiliki standar perawatan armada yang tinggi.

2. Cek Kondisi Mesin

Mesin adalah bagian paling penting dari sebuah mobil. Karena jumlah kilometer pada semua mobil bekas taksi jauh lebih tinggi dibanding mobil bekas milik pribadi, maka anda harus memeriksa kondisi mesin mobil bekas taksi ini secara cermat. Kerusakan pada sektor ini akan memerlukan biaya perbaikan yang cukup besar.

3. Cek Kondisi Sasis dan Suspensi

Seperti poin sebelumnya, jumlah kilometer yang sangat tinggi pada odometer menunjukkan bahwa mobil bekas taksi adalah mobil yang "capek". Selain bagian mesin, sektor kaki-kaki dan suspensi wajib anda periksa secara teliti mengingat ini adalah salah satu bagian mobil yang paling "rewel" dan memakan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

4. Test Drive

Setelah memastikan kondisi mesin, sasis, dan lain-lain, disarankan anda harus melakukan test drive atau uji berkendara untuk merasakan bagaimana rasanya berkendaranya secara langsung dengan mobil bekas taksi yang anda incar. Dengan melakukan hal ini, anda bisa mencicipi seluruh aspek yang dimiliki oleh mobil bekas taksi tersebut dan memastikan apakah unit yang anda uji ini layak untuk anda beli.

5. Periksa Surat Kendaraan

Pastikan nomer rangka dan mesin mobil bekas taksi sesuai dengan STNK dan BPKB. Biasanya, perusahaan taksi akan membantu proses balik-nama BPKB sesuai nama pembelinya secara langsung. Namun ada juga perusahaan taksi yang tidak menanggung proses balik nama ini sehingga akan terasa cukup merepotkan.

 

Geger Mobil Rachel Vennya Berpelat RFS, Polisi: Dia Beli Biar Kelihatan Kayak Pejabat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia