logo


Produksi Strap Masker, UMKM Binaan Pertamina Ini Raup Omzet Puluhan Juta

Pertamina fokus membina UMKM secara berkelanjutan sebagai upaya mendorong UMKM Binaan agar bisa naik kelas

13 November 2021 12:14 WIB

Pemilik Ramiza Boutique, Yudiewati  yang meraup omzet jutaan rupiah dari usaha tali pengait masker alias strap / connector masker
Pemilik Ramiza Boutique, Yudiewati yang meraup omzet jutaan rupiah dari usaha tali pengait masker alias strap / connector masker Pertamina

BOGOR, JITUNEWS.COM - PT Pertamina Tbk (persero) terus berkomitmen menumbuhkan UMKM ditengah pandemi Covd-19. Ratusan UMKM binaan Pertamina pun terus berkembang, salah satunya warga Bogor bernama Yudiewati pemilik Ramiza Boutique.

Yudiewati meraup omzet puluhan juta dari usahanya membuat pengait masker alias strap atau connector masker. Beragam jenis dan model strap masker pun tercipta.

Ia menjajakan produk strap masker buatannya dengan bantuan saluran digital untuk pemasarannya serta menjadi mitra binaan Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat.


Luncurkan Program Dreamwork, Pertamina Dukung Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Usia Produktif

Usahanya tersebut, rupanya mampu memberikan multiplier effect lainnya seperti mampu memberikan pekerjaan bagi orang di sekitarnya. Bahkan, dalam menjalankan usahanya Yudiewati juga memberdayakan ibu-ibu PKK di sekitar rumahnya saat mendapat banyak pesanan dengan jumlah banyak dari konsumen, selain itu Yudiewati juga beberapa kali memberikan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat setempat.

“Selama masa pandemi ini Alhamdulillah usaha kami bisa berjalan dengan baik, meskipun ada imbas terhadap penghasilan, namun karena memakai masker itu wajib, maka kami berfokus di pengembangan produk tali masker dan conectornya” tutur Yudiewati.

Sementara itu, Area Manger Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Krisitiawan mengatakan program Kemitraan Pertamina yang berfokus membina para UMKM dilakukan oleh Pertamina secara berkelanjutan sebagai upaya mendorong UMKM Binaan agar bisa naik kelas dan mengembangkan usahanya. Bahkan dalam pembinaan tersebut, Pertamina memotivasi para UMK binaannya agar dapat membantu masyarakat sekitar untuk menyediakan lapangan pekerjaan atau dikenal dengan konsep Sociopreuneur.

“UMKM Binaan Pertamina kami arahkan agar bisa terus berkelanjutan secara bisnis ditengah pandemi ini. Beragam pelatihan seperti bagaimana pemanfaatan digital marketing pun kita lakukan agar UMKM binaan kita bisa beradaptasi dengan cepat dan menangkap peluang bisnis ditengah kondisi seperti ini. Kami berharap UMKM Binaan Pertamina terus mampu naik kelas,” ujarnya.

Pertamina Patra Niaga Beri Perhatian Korban Insiden Penusukan di Perumahan Jl Hankam, Pondok Melati, Bekasi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati