logo


Banyak yang Tidak Sadar, Ternyata Pola Asuh Ini Bahaya buat Perkembangan Anak

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua dalam memperlakukan anak

12 November 2021 09:45 WIB

Ilustrasi Anak dan Boneka
Ilustrasi Anak dan Boneka istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menjadi orang tua pasti selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anak, termasuk bagaimana memperlakukan buah hatinya. Pola asuh adalah cara pengasuhan yang dipraktikan orang tua terhadap anak yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak kedepannya. Penerapan pola asuh anak jaman sekarang tentu sangat berbeda dengan jaman dahulu.

Pada jaman milenial seperti sekarang ini banyak sekali tantangan dalam mendidik anak. Meskipun edukasi mengenai ilmu parenting bisa diakses kapan saja namun pada kenyataannya masih banyak orang tua yang sering melakukan berbagai kesalahan tanpa menyadarinya. Pada praktiknya, pembelajaran terbaik adalah bagaimana orang tua mampu mengkoreksi setiap kesalahan dan terus memperbaikinya.

Berikut di bawah inilah beberapa contoh kesalahan pola asuh yang sering dilakukan orang tua, dilansir dari Halodoc:


Tips Jitu untuk Meningkatkan Penjualan Produk

1. Iming-iming Hadiah

Untuk memotivasi anak agar terus berkembang, tak jarang orang tua memberikan iming-iming hadiah. Tetapi jika hal ini dilakukan sacara berulang, tidak jarang anak hanya mau melakukan sesuatu karena ada imbalannya. Apabila hal ini dibiarkan terus menerus, sampai dewasa maka akan tertanam sifat keterpaksaan.

2. Terlalu Memanjakan Anak

Mencurahkan semua perhatian kepada anak adalah hal yang sangat baik, tetapi dengan menuruti semua kemauannya tidak akan berdampak serupa. Boleh saja menuruti kemauan anak, tetapi sebagai orang tua juga harus memperhatikan kebutuhan yang menjadi prioritas anak. Supaya saat dewasa nanti anak bisa menjadi lebih mandiri.

3. Membandingkan dengan Anak Lain

Dari jaman dahulu hingga sekarang, pola asuh mengkritik dan membandingkan anak sudah membudaya. Padahal setiap anak memiliki talenta masing-masing. Orang tua yang sering melakukan pola asuh ini sering menganggap apapun yang dilakukan anak selalu salah. Apabila hal ini terus berlanjut maka anak akan tumbuh menjadi seorang pemarah dan selalu mengganggap bahwa dirinya tidak berguna.

4. Stimulasi Tanpa Henti

Stimulasi adalah salah satu langkah orang tua untuk merangsang tumbuh kembang anak. Tetapi jika dilakukan secara terus menerus bisa berdampak buruk terhadap anak. Anak akan menjadi kurang kreatif dan merasa bosan karena selalu dituntun untuk melakukan sesuatu hal yang kenyataannya dia bisa melakukannya sendiri.

5. Kurang Waktu Main

Banyak orang tua jaman sekarang yang menuntut anak untuk menjadi sempurna dan serba bisa. Dengan memberi jadwal yang super padat tanpa memberi waktu bermain yang cukup, secara tidak langsung dapat memicu tingkat stres berlebih pada anak.

Tak Usah Menghindar, Ini Jawaban Kalau Ditanya Kapan Nikah Saat Kumpul Lebaran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia