•  

logo


Beberapa Tips Mengatasi Stres pada Ibu Rumah Tangga

Berikut Ini beberapa tips mengatasi stres berlebih bagi ibu rumah tangga

12 November 2021 09:17 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Profesi ibu rumah tangga sering dianggap remeh bagi kebanyakan orang. Tuntutan demi tuntutan yang ditujukan untuk menjadi sesosok yang sempurna kerap menjadikan ibu rumah tangga mengalami stres yang berkepanjangan. Terlebih dengan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dikerjakan setiap harinya membuat profesi ini tidak mengenal tanggal merah atau bahkan hari libur layaknya seorang karyawan.

Tanggung jawab yang sangat besar tentunya membuat pikiran dan tenaga menjadi terkuras. Stres yang semakin lama semakin berat bahkan bisa berubah menjadi depresi berat. Oleh karena itu, ibu rumah tangga harus mampu mengenali, mengendalikan dan mengatasi stres yang dialami. Inilah tips jitu untuk mengatasi stres pada ibu rumah tangga, diambil dari berbagai sumber:

1.Mengenali pemicu stres

Mencoba menerungkan aktivitas yang sering membuat stres adalah hal yang tepat untuk mengenali pemicu stres. Misalnya saat memandikan anak yang sedang rewel, atau saat menyuapi anak yang susah makan. Dengan mengenali penyebab sters yang dirasakan, bisa mencari solusinya seperti menenangkan terlebih dahulu dan membuatkan menu makanan yang bervariasi supaya tidak bosan. Mengenali pemicu stres juga lebih memudahkan seseorang dalam mengelola dan mencegah stres.


Bisnis Agensi Digital Marketing Menggiurkan, Fikri Hidayat: Banyak Pebisnis Sulit Tentukan Target

2. Menekuni hobi

Banyak ibu rumah tangga yang mengesampingkan kesenangan sendiri. Prioritas yang ada dipikiran adalah tentang anak dan keluarga, dan bahkan tidak memiliki waktu untuk sekedar "me time". Berhenti sejenak untuk menikmati aktivitas yang membuat hati senang atau menekuni hobi sangat penting bagi seorang ibu rumah tangga. Kegiatan itu bisa membuat pikiran kembali fresh.

3. Olahraga

Durasi kerja yang sangat panjang dan rutinitasnya tentu membuat fisik terbebani. Olahraga adalah cara tepat untuk mengatasi stres dan badan kelelahan. Meluangkan waktu untuk berolahraga ringan sangat berdampak positif bagi kesehatan badan dan pikiran.

4.Mengurangi tuntutan pada diri sendiri

Untuk menjadi sesosok yang terlihat sempurna karena tuntutan orang-orang disekitar membuat seorang ibu rumah tangga bekerja ektra lebih dari yang seharusnya. Inilah penyebab ibu rumah tangga stres karena sering memaksa diri untuk bekerja lebih keras. Berdamailah dengan diri sendiri dan lakukan hal-hal yang menjadi prioritas sesuai dengan kebutuhan.

5.Libatkan anggota keluarga

Ada baiknya melibatkan anggota keluarga yang lain dalam mengurus pekerjaan, seperti melibatkan suami dan anak-anak dalam membersihkan rumah. Sedikit banyak keterlibatan mereka akan sangat membantu dan meringankan tugas ibu rumah tangga.

 

HerStory Apresiasi Produk Kepercayaan Ibu Rumah Tangga, Ini Daftar Pemenang Indonesia Moms's Brand Choice Awards 2021

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia