logo


Menlu AS: Kami Akan Pastikan Taiwan Mampu Mempertahankan Diri

Amerika Serikat berjanji akan terus mendukung dan ikut membantu mempertahankan Taiwan dari potensi invasi militer China

11 November 2021 21:40 WIB

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ABC News

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Amerika Serikat, pada Rabu (10/11) menegaskan bahwa pihaknya berjanji akan terus mendukung dan membantu mempertahankan Taiwan dari ancaman agresi militer China. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah acara yang digelar oleh The New York Times.

"Kami akan pastikan Taiwan mampu mempertahankan diri karena tujuannya di sini adalah tidak akan pernah mengijinkan orang lain berusaha mengganggu status quo dengan kekuatan (militer)," ujar Blinken.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China mendesak AS berhenti mengintervensi isu Taiwan yang merupakan urusan dalam negeri China. Juru bicara Kemenlu China Wang Wenbin mengatakan bahwa semua pernyataan yang dibuat oleh AS terkait isu Taiwan bisa meningkatkan "arogansi pasukan separatis".


Kapal Perang AS Beroperasi di Laut Hitam, Rusia: Mereka Bermain Api

"Tidak ada satu pun orang yang bisa meremehkan tekad dan keinginan kuat China dalam mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial. Kami tidak akan pernah mengijinkan semua orang atau pasukan manapun untuk memisahkan Taiwan dari pangkuan ibu pertiwi (China) dengan cara apapun," kata Wang Wenbin, dalam konferensi pers beberapa hari yang lalu.

Seperti diketahui, jelang pertemuan antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden, situasi ketegangan diantara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia tengah meningkat, terutama terkait isu Taiwan.

 

Kapal Perang AS di Laut Hitam, Parlemen Uni Eropa: Provokasi terhadap Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia