logo


Luncurkan Program Dreamwork, Pertamina Dukung Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Usia Produktif

Pertamina mendukung pengembangan masyarakat penyandang disabilitas

11 November 2021 15:26 WIB

PT Pertamina menggelar acara peluncuran sekaligus peresmian gedung program CSR “DREAMWORK” di Aula Kelurahan Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Selasa (9/10)
PT Pertamina menggelar acara peluncuran sekaligus peresmian gedung program CSR “DREAMWORK” di Aula Kelurahan Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Selasa (9/10) Dok. Pertamina

BANDUNG, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Subholding Commercial & Trading menggelar acara peluncuran (launching) sekaligus peresmian gedung program CSR “DREAMWORK” di Aula Kelurahan Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung pada Selasa (9/10) siang waktu setempat.

Acara Launching dan peresmian gedung program “Dreamwork” dilakukan oleh Executive General Manager Pertamina Regional JBB, Waljiyanto, didampingi oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Regional JBB, Eko Kristiawan; Region Manager HSSE JBB, I Made Dwi Darmaputra; dan Fuel Terminal Manager Bandung Group, Jefri Makahekung. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Sosial, Ade Yeni Noberti; Kasi Sosbud Kec. Bojongsoang, Yani Maryani; Ketua Yayasan Biruku Indonesia Peduli Disabilitas,Djulaikha Sukmana; Kepala Desa Lengkong, Agus Salam Rahmat; serta Ketua Kelompok Dreamable, Yulianti.

Executive General Manager Pertamina Regional JBB, Waljiyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peluncuran Dreamwork di Desa Lengkong merupakan bentuk komitmen berkelanjutan dari Pertamina untuk mendukung pengembangan masyarakat penyandang disabilitas, khususnya yang telah memasuki usia produktif.


Inspeksi DPRD Kota Sorong Tidak Menjumpai Kelangkaan BBM

“Pertamina terus berkomitmen untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat khususnya untuk anak-anak disabilitas di sekitar wilayah operasional Pertamina. Program Dreamwork yang diluncurkan hari ini dilakukan untuk mendukung kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang telah memasuki usia produktif di wilayah Kecamatan Bojongsoang dan sekitarnya,” ujar Waljiyanto.

Lanjutnya, Executive General Manager Pertamina Regional JBB juga menyampaikan apresiasi terhadap Desa Lengkong yang turut serta mengembangkan program community development bersama Pertamina untuk anak-anak penyandang disabilitas, dilanjutkan dengan prosesi peresmian gedung baru dan penandatanganan plakat.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR Regional JBB, Eko Kristiawan, dalam kesempatan yang sama menjelaskan secara rinci mengenai Program Dreamable yang kini telah memasuki tahun ketiga .

“Dreamable merupakan program TJSL binaan Fuel Terminal Bandung Group yang fokus pada pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Di tahun pertama, program Dreamable menitikberatkan pada insiasi Kampung Ramah Disabilitas dan homecare ABK. Di 2020 lalu, Dreamable melaksanakan sub-program Dreamschool yakni program pendidikan bagi ABK bekerja sama dengan Yayasan Hidayah di Desa Bojongsari, Dream Home Schooling untuk pendidikan ABK di saat pandemi, serta inisiasi Dreamwork bagi ABK usia produktif,” papar Eko.

"Di tahun 2021 ini, Dreamwork sebagai sub-program pengembangan dari program Dreamable, secara khusus dilaksanakan sebagai program vokasional yang dikhususkan bagi ABK diatas usia 17 tahun. ABK usia produktif diberikan keterampilan agar dapat mandiri di masyarakat. Fokus Program Dreamwork meliputi Rumah Laundry, Omah Terapi, Rumah Kreativitas ABK dan Pemberdayaan Keluarga ABK," ungkapnya.

Selain melaksanakan peresmian gedung di Keluarahan Desa Lengkong, diluncurkan pula produk inovasi berupa deterjen dan sabun batang berbahan dasar buah lerak yang ramah lingkungan, juga produk lainnya yaitu teh herbal berbahan dasar kamomil (chamomile) yang berfungsi untuk membuat tidur lebih nyenyak dan meminimalisir tantrum pada ABK yang aman dikonsumsi tiap hari.

Kepala Desa Lengkong, Agus Salam Rachmat beserta Kabid Dinsos Kab. Bandung mengutarakan dukungannya kepada Pertamina agar senantiasa bersama-sama mewujudkan program pemberdayaan bagi disabilitas dan mewujudkan Desa Ramah Disabilitas.

“Kami berharap agar dukungan Desa Lengkong terhadap penyandang disabilitas dapat menjadi percontohan di desa lain tidak hanya di tingkat Kabupaten tetapi juga nasional,” ungkap Agus Salam Rachmat.

Pertamina senantiasa mendukung kemandirian masyarakat, khususnya wilayah Jawa Bagian Barat, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Pelaksanaan program TJSL ini sesuai dengan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan oleh Pertamina sebagai upaya mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia atau Sustainable Development Goals, Poin 4 peningkatan pendidikan berkualitas dan kesempatan belajar untuk semua.

Pertamina Diminta Segera Tingkatkan 'Lifting' Migas Blok Rokan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata