logo


Cak Imin: Setahun ke Depan Adalah Kesempatan Emas Jokowi

Cak Imin mendukung komitmen Presiden Joko Widodo menangani perubahan iklim dunia

8 November 2021 21:45 WIB

Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar
Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mendukung komitmen Presiden Joko Widodo menangani perubahan iklim dunia. Cak Imin menyebut bahwa hal itu menjadi kesempatan emas bagi Jokowi.

"Setahun ke depan adalah kesempatan emas Jokowi dan dunia usaha jadi pahlawan dunia dalam menyelamatkan alam," ujar Cak Imin dalam keterangan tertulis, Senin (8/11).

Cak Imin mengatakan bahwa perubahan iklim bisa menjadi ancaman mematikan bagi keberlanjutan dunia. Cak Imin mengatakan bahwa Indonesia berperan penting dalam mendinginkan suhu bumi.


Disetujui Jadi Panglima TNI, Andika Perkasa Ungkap Pesan Jokowi

"Indonesia memiliki kedudukan khusus dan dapat memainkan peran penting/utama dalam mendinginkan suhu bumi. Kita menjadi paru-paru dunia, karena hutan alam kita dan hutan mangrove kita, akan dan telah menyerap karbon dalam skala raksasa," katanya.

Wakil Ketua DPR ini mengatakan bahwa sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki kerentanan sebagai akibat perubahan iklim, seperti naiknya permukaan laut dan curah hujan ekstrem.

"Kita perlu menggunakan pendekatan a whole government dan a whole society untuk mencapai target peak emission nasional dan carbon net sink FOLU (Forestry and Other Land Use) pada tahun 2030 dan Net Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat," katanya.

Cak Imin mengatakan bahwa perubahan kebijakan dan perubahan perilaku bisa mengatasi perubahan. Ia optimis di 2030 Indonesia berhasil menghentikan dan mengurangi deforestasi. Cak Imin juga menekankan pentingnya peranan teknologi dan investasi teknologi.

"Sudah waktunya kita, Indonesia, memulai kebijakan dan investasi untuk menggunakan teknologi untuk mengurangi emisi dalam upaya transisi ekonomi menuju energi hijau, ekonomi hijau, ekonomi rendah karbon selama 3-4 dekade ke depan," tuturnya.

"Kami siap mendukung pemerintah untuk melaksanakan transisi tersebut dan kita dukung Pak Jokowi menjadi pahlawan dunia dalam menyelamatkan bumi ini," tandasnya.

Andika Perkasa Dukung KSAD Pilihan Jokowi, DPR: Harus Cari yang Muda!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata