logo


India Uji Coba Rudal Balistik dengan Daya Jelajah hingga 5 Ribu Kilometer

Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa pihaknya berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik yang dapat membawa bom nuklir

28 Oktober 2021 18:15 WIB

Ilustrasi Rudal Balistik
Ilustrasi Rudal Balistik BBC

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik yang mampu membawa sebuah bom nuklir. Rudal bernama Agni-5 tersebut diklaim memiliki daya jangkauan hingga 5 ribu kilometer.

"Uji coba yang berhasil ... sejalan dengan kebijakan yang dinyatakan India untuk memiliki 'pencegahan minimum yang kredibel' yang mendukung komitmen untuk 'Tanpa Penggunaan Pertama' [senjata nuklir]," kata pernyataan kementerian pertahanan, dilansir Al Arabiya.

Rudal setinggi 17 meter tersebut sebelumnya sudah beberapa kali diuji-coba, tapi baru kali ini uji coba peluncuran dilakukan pada malam hari. Media lokal India menyebut jika peluncuran rudal tersebut merupakan sinyal yang sengaja dikirimkan untuk China.


Iran: Kami Setuju Memulai Negosiasi Nuklir Sebelum Akhir November

Seperti diketahui, hubungan bilateral India-China mengalami ketegangan sejak pasukan militer kedua negara terlibat bentrok di wilayah perbatasan pada Juni 2020 lalu. Sejak itu, kedua negara terus mengerahkan ribuan pasukan militer ke daerah perbatasan yang terletak di atas pegunungan Himalaya.

India belakangan ini juga memperkuat kerjasama pertahanannya dengan negara-negara barat, termasuk dengan bergabung ke dalam aliansi The Quad bersama AS, Jepang dan Australia. Selain itu, mereka juga merupakan salah satu negara yang banyak membeli senjata buatan Rusia, termasuk sistem pertahanan udara S-400 meski terancam mendapatkan sanksi dari AS.

 

China Desak IMF dan Bank Dunia Beri Bantuan Finansial untuk Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia