logo


China Desak IMF dan Bank Dunia Beri Bantuan Finansial untuk Afghanistan

Menteri Luar Negeri China meminta negara-negara barat dan komunitas internasional untuk membantu pemerintah Afghanistan dalam membangun kembali negaranya

28 Oktober 2021 17:44 WIB

Menteri Luar Negeri China Wang Yi
Menteri Luar Negeri China Wang Yi Reuters

BEIJING, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mendesak Bank Dunia dan IMF untuk melanjutkan dukungan finansial mereka kepada Afghanistan untuk membantu membangun kembali negara tersebut yang hancur setelah invasi NATO.

Seperti diketahui, kelompok militan Taliban telah berhasil mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada Agustus lalu dan setelahnya, negara-negara barat langsung membekukan aset nasional, meski penyaluran bantuan kemanusiaan bagi rakyat Afghanistan terus dilanjutkan.

IMF sendiri sebelumnya memprediksi jika perekonomian Afghanistan akan mengalami kontraksi hingga 30 persen pada tahun ini dimana hal itu kemungkinan akan memicu terjadinya krisis pengungsian.


Presiden Taiwan: AS Dapat Membantu Mempertahankan Taiwan

"Afghanistan sedang membutuhkan pemulihan di semua sektor dan perkembangan adalah prioritas utama mereka," kata Wang dalam sebuah forum virtual bersama sejumlah menteri dari negara tetangga Afghanistan.

Pada kesempatan itu, ia kembali mendesak AS dan negara-negara barat lain untuk segera mencabut sanksi yang mereka jatuhkan terhadap Afghanistan. Wang juga meminta WHO untuk menyediakan vaksin Covid-19 dan peralatan medis untuk membantu Afghanistan dalam mengatasi situasi pandemi.

"Kesan yang saya dapatkan secara garis besar adalah bahwa Taliban sangat siap untuk menggelar dialog dan kerjasama dengan seluruh dunia dan mereka serius mengenai hal ini," tandasnya.

Iran: Kami Setuju Memulai Negosiasi Nuklir Sebelum Akhir November

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia