logo


Iran: Kami Setuju Memulai Negosiasi Nuklir Sebelum Akhir November

Iran akan kembali melanjutkan proses negosiasi terkait pemulihan perjanjian nuklir di Austria pada bulan November mendatang

28 Oktober 2021 17:31 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Pemerintah Iran telah setuju untuk kembali ke meja perundingan di Wina pada November mendatang setelah berbulan-bulan pembicaraan tentang pemulihan perjanjian nuklir JCPOA terhenti. Keputusan itu diumumkan oleh wakil menteri luar negeri Iran, Ali Bagheri Khani dalam postingan Twitternya pada Rabu (27/10). Meski demikian, ia masih belum menyebut tanggal pasti kapan proses negosiasi tersebut dilanjutkan.

"Kami setuju memulai negosiasi nuklir sebelum akhir November," Ali Bagheri Khani, Wakil Menteri Luar Negeri Iran dan kepala negosiator negara itu di Wina, mengatakan dalam sebuah posting Twitter pada hari Rabu, menambahkan bahwa tanggal pastinya akan diumumkan minggu depan.

Pernyataan tersebut ia sampaikan setelah bertemu dengan Enrique Mora, kepala koordinator negosiasi Uni Eropa.


China Tak Mungkin Terlibat Persaingan Senjata dengan AS, Media China: Itu Hal yang Bodoh

Bagheri menyebut negosiasi tersebut merupakan "dialog yang sangat serius dan konstruktif" untuk memulihkan perjanjian nuklir Iran 2015.

Pada September lalu, Pemerintah Iran sendiri sudah mengeluarkan sinyal bahwa mereka akan kembali melanjutkan dialog dengan AS terkait pemulihan perjanjian nuklir dalam beberapa pekan. Meski demikian, Teheran tidak menyebutkan kapan hal itu akan mereka lakukan.

Presiden Taiwan: AS Dapat Membantu Mempertahankan Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia